DPD PDIP DIY Serahkan Nama Calon Bupati ke DPP

HUT PDI Perjuangan ke 42
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah merampungkan tahap penyaringan proses seleksi calon kepala daerah tiga kabupaten. 
Pemilihan kepala daerah (pilkada) di kabupaten Bantul, Sleman, dan Gunungkidul dijadwalkan akan diselenggarakan pada Desember 2015.

Wakil Ketua DPD PDIP DIY, Eko Suwanto, Minggu 11 Januari 2015, menyatakan bahwa nama-nama yang telah masuk dalam penyaringan itu akan diserahkan kepada Dewan Pengurus Pusat partainya di Jakarta untuk mendapatkan rekomendasi sebagai calon bupati yang bakal diusung dalam pilkada tingkat kabupaten tersebut.

"Untuk Kabupaten Gunungkidul ada enam nama calon bupati yang lolos penyaringan yaitu Budi utama, Djangkung Sudjarwadi, Bambang Krisnadi, Ali Ridho, Supriyadi, dan Ahmad Fikri," ujar Eko di Yogyakarta.

Eko yang juga merupakan Ketua Komisi A DPRD DIY ini mengatakan khusus Gunungkidul memiliki tantangan tersendiri. Sebab, dibandingkan empat kabupaten lainya, dalam pilkada periode lalu, calon dari partai berlogo banteng moncong putih ini kalah. Sehingga diperlukan upaya kader untuk memenangkan.

Oleh karena itu, menurut Eko. upaya yang dilakukan untuk memenangkan ialah dengan menggerakkan para kader untuk terjun langsung ke tingkat desa. Ia meyakini cara ini dapat menarik simpati rakyat dan dapat menjadi kunci kemenangan bagi partai banteng dalam pilkada mendatang.

"Kader harus turun ke desa, jika tidak mau turun jangan berharap menang," kata Eko.

Ia menambahkan, DPD PDI Perjuangan mengharapkan ada uji publik terhadap para kandidat peserta pilkada. Tujuannya, demi memperoleh calon bupati dan wakil bupati yang merakyat. 

"Kami mendukung untuk uji publik baik untuk bupati dan wakil bupati," kata dia.

Sementara itu, untuk calon Bupati Sleman yang lolos penyaringan di DPD PDIP DIY adalah Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu dan Ketua DPC PDIP Sleman Rendradi. Kedua nama tersebut juga telah diserahkan ke DPP agar mendapat rekomendasi dan persetujuan untuk dicalonkan.

"Semua kader nantinya harus siap mendukung siapapun nama yang direkomendasikan oleh DPP PDIP DIY menjadi calon bupati," kata Eko.

Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Bantul, DIY Radjut Sukasworo, mengatakan nama-nama calon Bupati Bantul yang lolos penyaringan di DPD PDIP DIY juga dimintai rekomendasi DPP. Ada tiga nama yang diserahkan, yaitu Sri Suryawidati yang kini menjabat sebagai Bupati Bantul, Untoro Hariyadi yang merupakan pengurus DPD PDIP DIY dan Suharsono. (ren)

Koalisi Kekeluargaan Masih Belum Bersifat Final, kata PDIP
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma

PDIP sampai saat ini belum memutuskan calon gubernur DKI.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016