Jenderal Sutarman Tak Jabat Kapolri Lagi

Pembahasan RUU Kepolisian
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, yang juga Ketua Komisi Kepolisian Nasional, Tedjo Edhy Purdijatno, menegaskan bahwa saat ini Jenderal Sutarman sudah bukan Kepala Kepolisian lagi. Meski begitu, karena belum waktunya pensiun, maka dia masih menjadi jenderal aktif.

Mengapa? Tedjo menjelaskan, karena DPR sudah menyetujui Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri.

"Memberhentikan Jenderal Sutarman dan menyetujui ini (Budi Gunawan) sebagai Kapolri terpilih, meski dilantik nggak tahu kapan. Jadi Sutarman masih jenderal aktif, tapi bukan sebagai Kapolri," kata Tedjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 16 Januari 2015.

Menurut Tedjo, saat ini terjadi kekosongan jabatan kapolri. Sehingga wakapolri bisa mewakili melaksanakan tugas sebelum kapolri baru dilantik.

Presiden Joko Widodo belum menindaklanjuti surat DPR perihal persetujuan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri, menggantikan Jenderal Sutarman.

Jokowi mengaku sudah menerima surat dari DPR, Kamis malam, dan baru membahasnya pagi tadi. Namun, hingga saat ini, Jokowi belum juga mengambil keputusan terkait siapa yang akan dilantik menjadi Kapolri.

"Jadi sabar dan tunggu. Sabar dan tunggu," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 16 Januari 2015. (one)

Baca juga:

6 Jenderal Polisi Bintang 4 yang Berasal dari Jawa Tengah, Siapa Saja?
Ketua Rampai Nusantara (Doc: Istimewa)

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Organisasi Kemasyarakatan Rampai Nusantara mengapresiasi Kapolri atas lancarnya arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024