Ditunjuk Jadi Ketua Wantimpres, Ini Kata Politikus PDIP

Beberapa Politisi Jenguk Ketua DPR RI Marzuki Ali di RSPAD Gatot Subroto
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVAnews
Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat
- Ketua Dewan Kehormatan PDIP, Sidarto Danusubroto, ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Sidarto mengaku baru dihubungi pihak istana empat hari lalu bahwa dia akan menjadi ketua Wantimpres.

Jokowi: Indonesia Bangga Raih Perak Pertama

"Terus terang sata ditelepon empat hari lalu, saya nggak tahu bagaimananya," kata Sidarto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 19 Januari 2015.
Ahok Ungkap Alasan Jokowi Sindir Keuangan Daerah


Menurut Sidarto, hal yang biasa jika wantimpres kebanyakan berasal dari partai politik. Sebab, bisa digunakan sebagai back up politik.


"Dari wantimpres ini dia butuh back up politik, ormas, back up dari pelopor, TNI/Polri dan sebagainya," lanjutnya.


Sehingga, kata dia, sebenarnya tidak harus berasal dari politisi tetapi bisa berasal dari tokoh agama atau ormas.


Seperti diketahui, hari ini Presiden Joko Widodo akan melantik sembilan orang anggota wantimpres. Beberapa nama yang beredar yang berasal dari kalangan politik adalah Sidharto Danusubrata dari PDI-P, Suharso Monoarfa dari PPP, Jan Darmadi dari Partai Nasdem, Rusdi Kirana dari PKB, Yusuf Kartanegara dari PKPI, dan Subagyo HS dari Hanura.


Sementara, nama lainnya diketahui memiliki kedekatan dengan Jokowi yaitu  mantan Kepala BIN AM Hendropriyono, pendiri Mustika Ratu Mooryati Soedibjo, dan dari Nahdatul Ulama Hasyim Muzadi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya