Zulkifli Usul PAN Bikin Konvensi Capres 2019

Ketua MPR Zulkifli Hasan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Calon ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zukifli Hasan menawarkan konvensi untuk rekrutmen pemimpin nasional pada 2019.  Menurut dia, mekanisme itu akan mempercepat proses pemberdayaan PAN sebagai partai modern.

"Ini merupakan bentuk nyata fungsi partai politik, yaitu merekrut calon pemimpin utama bangsa ini," kata Zulkifli dalam siaran persnya.

Ketua MPR yang akrab dipanggil Bang Zul itu mengatakan, konvensi yang akan dilakukan PAN bukan sekadar basa-basi atau membangun pencitraan partai. Dia mengklaim, PAN akan bersungguh-sungguh melakukannya.

"Rakyat dapat menilai dan mengkritisi kesungguhan kami," ujar Zul.

Zul melanjutkan bahwa ketua umum suatu partai tidak harus menjadi calon presiden. Bila berniat menjadi capres, ketua umum harus berkompetisi dengan kandidat lain melalui konvensi.

"Konvensi juga bertujuan menghapus stigma partai politik hanya menjadi kendaraan pribadi ketua umumnya. Ini adalah komitmen saya. Saya tidak akan menggunakan PAN hanya sebagai kendaraan pribadi," tegas Zul yang pernah menduduki jabatan sekjen PAN itu. (art)

Baca juga:

Zulkifli Hasan Tak Hitung Pengangkatan SB Jatah PAN
Mantan Ketum PAN Sutrisno Bachir (kanan) dan calon Ketum PAN Zulkifli Hassan.

Soetrisno Bachir Mundur dari PAN

Soetrisno mengklaim jabatan itu diberikan presiden atas kepercayaan.

img_title
VIVA.co.id
20 Januari 2016