Sudding Hanura: Jokowi Lecehkan DPR, Harus Dipanggil

Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno dan Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu
VIVA.co.id -
Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia
Walau tergabung dalam koalisi partai politik pendukung Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Partai Hanura tidak bisa menyembunyikan kekecewaan terhadap sikap Presiden Joko Widodo.

Jokowi: Jumlah Peserta Tax Amnesty Baru 344 Orang

Anggota Komisi III dari Fraksi Hanura, Syarifuddin Sudding, mengatakan hingga kini Presiden belum juga melantik Komisaris Jenderal Budi Gunawan, calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden sendiri dan disetujui DPR.
Dana Rp11 Ribu Triliun Milik WNI Seliweran di Luar Negeri


Hingga hampir dua minggu sejak Paripurna DPR menyetujui Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri, Presiden Joko Widodo belum juga melantiknya.


"DPR harus bersikap kepada Presiden karena telah melecehkan DPR. Panggil Presiden Jokowi dan berikan penjelasan di DPR," kata Sudding, di gedung DPR, Jakarta, Selasa 27 Januari 2015.


Dia mengatakan, DPR sudah menjalankan semua proses yang diinginkan oleh Presiden Jokowi. Namun hingga kini tidak ada respons. Sudding menilai, Presiden mengabaikan apa yang telah diputuskan oleh lembaga DPR.


Dia mendesak pimpinan DPR untuk menyurati Presiden Jokowi. Kata Sudding, wajib bagi Presiden memberi penjelasan di DPR. "Jangan hanya sekedar lewat jumpa pers. Paling tidak DPR ajukan hak dan Presiden ajukan jawaban kenapa tidak dilaksanakan (pelantikan Kapolri), apa yang telah dilakukan DPR," kata Sudding.


Pada Paripurna DPR 15 Januari lalu, hanya Demokrat yang meminta pelantikan Komjen Budi Gunawan ditunda. Sementara sembilan fraksi lainnya setuju.


Diketahui, sembilan fraksi setuju lantaran ada jaminan dari Fraksi PDI Perjuangan bahwa Komjen Budi Gunawan akan dilantik oleh Presiden Jokowi.


Namun, setelah mendapat surat dari DPR, Presiden menangguhkan pelantikan Komjen Budi Gunawan. Presiden bersikap, memberhentikan Kapolri Jenderal Sutarman, dan mengangkat Pelaksana Tugas (Plt) Komjen Badrodin Haiti.


Baca juga:






Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya