Polisi Tahan Pembakar Gudang KPU Wajo

VIVAnews - Kepolisian Resort Wajo yang didukung Personil Polda Sulawesi Selatan Barat berhasil menangkap lima dari enam pelaku yang diduga melakukan pembakaran gudang kantor KPU Wajo, Minggu dini hari.

Juru bicara Polda Sulawsi Selatan Barat, Kombes Polisi Hery Subiansauri mengatakan, kelima tersangka itu adalah AS (27), Pod (25), Baba (23), BU (23) istri AS, dan Arm (25). “Penangkapan dilakukan kemrin malam,” katanya kepada VIVAnews.

Menurut Hery, dari penyidikan sementara, AS disebut-sebut sebagai aktor intelektual dalam pembakaran tersebut, setelah kecewa karena tidak terpilih pada Pemilu legislatif 9 April lalu. AS adalah caleg dari PDP dengan nomor urut 1.

"Dari keterangan saksi-saksi, dan telepon genggam yang tertinggal di tempat kejadian perkara (TKP), tersangka mengarah kepada AS," kata mantan Kapolres Subang tersebut.

Saat ini, kepolisian telah menahan lima tersangka tersebut di Polresta Wajo. Dengan demikian, polisi masih memburu 1 tersangka lainnya yang masih buron. Yakni atas nama Odding, yang diduga menjadi pengawas dalam operasi pembakaran itu.

Gudang KPU Kabupaten Wajo terbakar Minggu dini hari. Dari olah TKP, Podding dan rekan-rekannya lebih dahulu memecahkan kaca jendela kantor tersebut. Setelah itu, mereka kemudian menyiram dengam menggunakan bensin, lalu membakarnya.

Akibat insiden itu, delapan kotak suara yang berisi puluhan lembar surat suara untuk pemilihan Dewan Perwaklan Daerah (DPD) ikut terbakar. Api juga membakar tidak kurang dari 100 bilik suara.

Polisi hingga kini masih melakukan penyelidikan motif pembakaran tersebut. Apalagi, salah seorang tersangka adalah Andi Syahrul, caleg nomor 1 dari PDP yang gagal lolos ke DPRD Wajo pada pemilu legislatif 9 Apri lalu.

Rahmat Zeena/Makassar

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024
Ramalan zodiak

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Ramalan zodiak Kamis, 25 April 2024. Aries ingin menjauh dari realitas sejenak. Bagi Libra yang lajang, mungkin ada kesempatan untuk bertemu seseorang yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024