Sah, Wiranto Kembali Jabat Ketua Umum Hanura

Ketua Umum Partai Hanura Wiranto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

VIVA.co.id - Peserta Musyawarah Nasional (Munas) II Partai Hanura memilih secara aklamasi Wiranto untuk kembali menjadi ketua umum kembali. Selain itu seluruh peserta juga menerima secara bulat laporan  pertanggungjawaban ‎Wiranto sebagai ketua umum periode sebelumnya.

‎Wishnu Dewanto selaku Sekretaris Organizing Committee Munas II Partai Hanura mengatakan pemilihan secara aklamasi Wiranto sebagai Ketua Umum Partai Hanura untuk lima tahun ke depan dilakukan pada sidang usai pelaksanaan pembukaan Munas II Partai Hanura di Diamond Convention Center Solo, Jumat malam.

"Pada sidang tersebut seluruh peserta meminta agar Pak Wiranto memimpin kembali Partai Hanura. Sidang pleno pemilihan ketua umum secara aklamasi itu dilakukan hingga tengah malam usai pembukaan munas," kata dia di Solo, Sabtu, 14 Februari 2015.

Selanjutnya, dia mengungkapkan alasan Wiranto dipilih peserta munas secara aklamasi. Pertama, mantan Panglima ABRI tersebut dianggap mampu menjadi figur pemersatu Partai Hanura. Sedangkan, kedua, Wiranto dinilai berhasil dalam meningkatkan jumlah anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota pada Pemilu 2014 lalu.

"Jumlah kader Partai Hanura yang duduk di kursi legislatif pada Pemilu Tahun 2009 lalu sebanyak 950 orang, jumlah tersebut bertambah pada Pemilu 2014 lalu yang mencapai 1.250 orang," sebutnya.

Selanjutnya, Wishnu menambahkan, alasan ketiga Wiranto dipilih aklamasi karena ‎mantan ajudan Presiden Soeharto itu dianggap hebat dalam menentukan pilihan politik untuk mendukung Koalisi Indonesia Hebat sehingga dapat memenangkan Pilpres pada 2014 lalu.

"Selain kehebatan Pak Wiranto dalam menentukan pilihan politiknya dalam pilpres lalu. Pak Wiranto juga dianggap mampu mengakomodasi kepengurusan di tingkat DPP dan Badan Pengurus Harian dengan komposisi 70 persen lebih diisi oleh generasi muda," tegas dia.

Seperti diketahui, kemunculan nama Wiranto untuk menjadi calon tunggal Ketua Umum Partai Hanura sudah terlihat sejak digelarnya Rapimnas Partai Hanura pada Januari lalu. Dalam rapimnas tersebut, seluruh peserta memunculkan satu nama untuk menjadi ketua umum, yakni Wiranto.

Munas II Partai Hanura di Solo ini dihadiri sekitar 5.000 pengurus dari 34 provinsi, dan perwakilan pengurus dari kabupaten/kota seluruh Indonesia. Tak hanya itu, organisasi sayap serta organisasi otonom dan simpatisan juga turut hadir dalam munas kali ini.

Pembukaan Munas II Partai Hanura dibuka langsung oleh Presiden Jokowi pada Jumat malam di Diamond Convention Center Solo. Selain dihadiri presiden, pembukaan munas tersebut juga dihadiri sejumlah petinggi partai politik di antaranya Megawati Soekarnoputri, Surya Paloh, Sutiyoso, Agung Laksono, Akbar Tandjung, Nurdin Halid, Muhammad Romahurmuziy, Muhaimin Iskandar dan elit parpol lainnya.

Wiranto Jadi Menteri, Hanura: Ini Suatu Permata
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama

Partai Pendukung Ahok Pakai Janji Tertulis Biar Tak Membelot

Tiga partai pendukung Ahok telah membuat janji tertulis untuk dukungan

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016