Target Ambisius PDIP di Pilkada Serentak

Idham Samawi
Sumber :
  • ANTARA/Regina Safri
VIVA.co.id -
PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan pasang target ambisius menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak. Menurut Ketua DPP Bidang Keorganisasian, Idham Samawi, pimpinan pusat menarget daerah harus dapat mendominasi kemenangan di Pilkada serentak.

Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai

Saat menghadiri acara Konfrensi Cabang PDIP se NTB pada Rabu 18 Februari 2015, misalnya, Idham menyampaikkan PDIP NTB harus meraih target 60% kepemimpinan daerah.
KPUD DKI Akui Syarat Jalur Independen Sulit


"Kami realistis untuk Nusa Tenggara Barat, target kami 60%. Dari 10 kabupaten dan kota kita akan ambil 6 orang. Apakah di posisi kepala daerah atau mungkin di wakil kepala daerah," ujarnya.


Idham mengklaim para calon kepala daerah yang akan tampil nantinya adalah kader terbaik partai. Karena meski proses penunjukkan partai diserahkan kepada daerah, namun tahap seleksinya harus melalui mekanisme ketetapan DPP.


Proses penjalinan tetap melalui masing-masing pengurus cabang daerah, namun melewati tahapan survei. Seluruh hasil penjaringan melalui DPC maupun DPD dikirimkan ke DPP.


Kemudian DPP partai akan melakukan uji kelayakan pada semua calon. Idham menegaskan, prosesi itu telah berlangsung lebih dari 5 tahun.


Tetap penjaringan lewat bawah, lalu semua harus melakukan survei, jadi hasil penjaringan itu dilakukan melalui dpc maupun dpd semuanya harus dikirim ke DPP, nanti kemudian dpp partai akan melakukan uji kelayakan pada semua calon dan ini sudah berlaku sudah lebih dari 5 tahun.


Adapun proses yang harus dilalui calon kepala daerah dari PDIP yaitu tahapan uji kepemimpinan, uji kepartaian, serta uji pemahaman wilayah yang akan dipimpinnya nanti.


"Kita sudah siapkan data, mereka harus psicotest, dan itu clear psikotest ini bukan dilakukan oleh partai. Yaitu melalui psikolog profesional, untuk mendongkrak masing-masing karakter pribadi dari calon itu," kata Idham.


Menjadi yang pantas diusung oleh partai yang penganut ideologi ini tidak hanya sebatas pada seleksi ketat tersebut. Para kader nantinya setelah lolos tahapan tersebut akan mendapatkan rekomendasi untuk menjalani sekolah partai khusus untuk kepala daerah. Dalam hal ini DPP PDIP telah bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIPAN) Jakarta.


"Bisa kader, bisa juga non kader. Jadi apabila memang didaerah itu kader kita belum siap, apa boleh buat. Non kader kami bisa ikut sekolah itu, tetapi sekali lagi memang harus yang mendapatkan rekomendasi," ujarnya. (ren)


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya