PDIP Uji Kelayakan Calon Pimpinan Daerah Partai

Djarot Syaiful Hidayat (PDIP)
Sumber :
  • Antara/ M Agung Rajasa

VIVA.co.id - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, melakukan seleksi calon ketua dan pengurus pimpinan daerah. Mulai dari DPD hingga DPC.

PDIP Bahas Nama Budi Waseso untuk Pilkada Jakarta

Ketua DPP PDIP, Djarot Syaiful Hidayat, mengatakan, para calon ini mengikuti tes. Mulai dari tes tulis, psikotes hingga tahap akhir wawancara. Para calon ini adalah usulan dari tingkat anak cabang dan ranting.

"Yang terjaring sebagai calon ketua dan pengurus DPC se Indonesia itu 7.800. Dan yang calon ketua dan pengurus DPD yang kita tes 646 untuk 34 provinsi," kata Djarot, dalam keterangan persnya di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu 21 Februari 2015.

Putra Risma Tak Rela Ibunya Jadi Calon Gubernur Jakarta

Pada Sabtu ini, sejak pagi dilakukan tes untuk DPD wilayah Indonesia Tengah, meliputi Bali, NTB, NTT dan Kalimantan.

Djarot mengatakan, tes ini dilakukan jelang Kongres PDIP yang akan dilaksanakan di Bali pada April 2015 nanti. Karena, sebelum Kongres maka pimpinan DPD dan DPC seluruh Indonesia harus sudah definitif.

Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma

Jelas Wagub DKI Jakarta ini, karena nantinya peserta Kongres adalah KSB (Ketua, Sekretaris, dan Bendahara) DPD dan DPC. Dia mengatakan, tes ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman calon pimpinan ini terhadap ideologi partai, dalam hal ini PDIP, yaitu Pancasila.

"Kita ingin tahu pemahaman ideologis mereka, itu yang pertama, dan bagaimana membumikan Pancasila di wilayah masing-masing. Kedua kemampuan mengorganisasi mereka. Ketiga, daya tahan mereka terutama dalam menghadapi tekanan-tekanan, pengurus partai gampang stres," jelas Djarot.

Diharapkan, suksesi pada tingkatan DPD dan DPC ini, akan tuntas semua pada Maret 2015. Sehingga, kepengurusan sudah rampung terbentuk ketika Kongres di Bali. (one)

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya