Kongres KNPI, Putra Papua Harus Siap Bertarung

Ketua Umum KNPI Taufan EN Rotorasiko
Sumber :
  • ANTARA/Adi Lazuradi

VIVA.co.id - Kongres Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ke-14 akan berlangsung di Jayapura, Selasa 24-28 Februari. Kongres akan memilih ketua umum KNPI yang baru.

Putra Papua Pimpin KNPI

Para putra daerah, khususnya Papua, diminta berani untuk bertarung dalam perhelatan akbar organisasi kepemudaan itu.

"Bagus sekali kalau pemuda dari Papua maju dalam kongres KNPI, dan bisa terpilih. Ini menunjukan bahwa pemuda Papua punya kemampuan memimpin," ujar Tokoh pemuda Indonesia Timur, Ichan Loulembah dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Rabu 25 Februari 2015.

Ichan mencontohkan, salah satu yang bisa dijadikan contoh adalah terpilihnya Bahlil Lahadalia menjadi Ketua Umum HIPMI. Ichan menegaskan, Bahlil adalah asli putra Papua yang lahir dan tumbuh di Papua.

"Pesannya adalah banyak orang bisa sukses dari daerah. Jadi tidak lagi ada perbedaan daerah maupun pusat," ujar Ichan.
 
Di Kongres KNPI kali ini, salah satu kandidat yang berasal dari putra daerah adalah M Rivai Darus. Rifai berasal dari Partai Demokrat. Rivai akan bertarung dengan Arif Musthofa dari HMI, Ahmad Sahroni dari Partai Nasdem dan M Guntur dari Hanura.
 
Menurut Ichan, KNPI selalu membuka ruang bagi pemuda daerah untuk berkontribusi dalam meringankan beban bangsa ini, yakni masalah kesenjangan antar kelas dan perbedaan daerah.
 
Ichan meminta para tokoh pemuda tidak berdiri di menara gading, tapi melihat masalah secara nyata. "Selama ini tahu ada kesenjangan yang terjadi, tapi tidak melihat itu," kata Ichan.
 
Kongres KNPI ke-14 di Jayapua akan dihadiri 270 peserta dari berbagai daerah. (ren)

Tokoh Adat Papua Minta Tak Ada Politik Uang di Kongres KNPI

Baca juga:

Kongres KNPI Di Papua Ricuh, Pimpinan Sidang Dipukuli

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya