Jelang Kongres PAN, Zulkifli Validasi Dukungan

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Kubu Zulkifli Hasan mengkarantina Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) yang siap memenangkan Zulkifli sebagai Ketua Umum.

Akhirnya, Jokowi Beri Jatah PAN di Pemerintahan

Tim Pemenangan Jawa Timur, A Basuki Babussalam membenarkan jika mulai Selasa, 24 Februari kemarin hingga hari ini, Rabu, 25 Februari 2015 ada proses validasi bagi para pendukung Zulkifli Hasan. Karantina dilakukan di DI Yogyakarta

"Dari 597 DPD dan DPW pemilik suara sah, sebanyak 348 sudah menyatakan dukungan ke Pak Zulkifli Hasan," ujar Basuki saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu, 25 Februari 2015.

Zulkifli Hasan Bantah Kadernya Mundur

Wakil Bendahara DPW PAN Jawa Timur ini menambahkan, jika 348 DPD dan DPW itu sudah dikarantina oleh tim pemenangan guna divalidasi. Caranya, memvalidasi pendukung by name by addres, SK, Surat Mandat, foto, identitas dan surat dukungan resmi dari DPD maupun DPW.

"Gerakan ini kami beri sebutan konsolidasi Jogja untuk Zulkifli Hasan," katanya.

Ketua Fraksi PAN: Saya Belum Dengar Taufik Kurniawan Mundur

Dalam konsolidasi validasi pendukung yang digelar di dua Hotel di Yogyakarta yakni Sheraton dan Royal Ambarukmo itu ternyata menyedot perhatian basis pendukung Hatta Rajasa. Menurut Basuki, basis pendukung yang selama ini menjadi benteng kuat Hatta Rajasa justru sekarang banyak yang berpindah ke Zulkifli.

"Pendukung Pak Hatta yang hijrah ke sini adalah 9 DPD dari Sulawesi Utara dan dari Kalimantan Barat full ke kita semua," katanya.

Selain validasi dukungan, para pendukung juga diberi pengarahan dengan berbagai materi kebangsaan. Turut hadir guna mengisi materi di antaranya Amien Rais dan Soetrisno Bachir. "Selain tokoh internal, juga diundang tokoh eksternal. Seperti Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar juga memberi materi," ujarnya.

Alasan mayoritas DPD/DPW menginginkan Zulkifli Hasan jadi Ketua Umum, karena sosoknya yang egaliter. Sering turun ke bawah dan hampir semua akrab. "Pak Zulkifli komunikasi bagus ke DPD dan DPW. Orangnya egaliter."

Rencananya, PAN akan menggelar Kongres Ke-IV di Nusa Dua Bali pada 28 Februari sampai 2 Maret 2015.


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya