Sensus: Hatta Rajasa Unggul Tipis atas Zulkifli

Seminar Kewirausahaan bersama Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Jelang kongres pemilihan ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) pada 28 Februari-1 Maret 2015 di Bali, studi Centre for Strategic and International Studies (CSIS) bekerja sama dengan Cyrus Network melakukan sensus ke internal PAN.

Soetrisno Bachir Sebut Amien Rais Sebagai Imam Besar

Upaya ini untuk mengetahui peta kekuatan dari dua kandidat kuat calon ketua umum PAN, Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan.

Sensus ini dilakukan dengan cara wawancara secara struktur dengan ketua partai dari provinsi maupun kabupaten/kota. Sensus diambil dari 34 ketua partai provinsi dan 514 ketua partai kabupaten/kota.

"Studi ini bermaksud untuk memetakan pola dukungan sementara dari ketua partai di daerah terhadap calon-calon ketua umum PAN menjelang kongres di Bali nanti," ujar perwakilan dari CSIS, Philips Vermonte, Kamis 26 Februari 2015.

Hasil sementara perolehan suara untuk kedua calon ketua umum ini masih sangat ketat, tapi Hatta Rajasa unggul tipis dari Zulkifli Hasan. Pada tingkat kabupaten/kota, Hatta Rajasa mendapat dukungan sebanyak 42,77 persen, sedangkan Zulkifli Hasan 38,64 persen dukungan.

Pada tingkat provinsi, Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan memperoleh dukungan yang sama. Keduanya didukung oleh 13 provinsi.

"Ini hanya peta kekuatan sementara dua hari sebelum kongres. Semuanya bisa berubah, tetapi pertarungan dua kandidat ini sangat ketat," ujar Philips.

CSIS dan Cyrus Network menjadikan PAN sebagai partai pertama yang mereka sensus menjelang kongres.

"PAN sebagai pembuka, berikutnya kami akan melakukan sensus ke PDIP, Gerindra, dan Demokrat," ujarnya.

Kubu Hatta Yakin Menang

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal PAN, Jana Sjamsiah, optimistis Hatta Rajasa akan kembali terpilih menjadi ketua umum. Ia mengklaim Hatta telah mendapat dukungan suara mayoritas, meski pesaingnya Zulkifli Hasan sudah melakukan deklarasi lebih dulu untuk menjadi kandidat ketua umum PAN.

"Saat ini, sudah ada 368 pemilik suara dalam Kongres IV tiba di Bali sebagai pendukung Pak Hatta," katanya.

Ia menjelaskan, para pemilik suara itu berasal dari DPW dan DPD PAN yang datang dari berbagai daerah, di antaranya Riau, Sulawesi Utara, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Gorontalo. Sejumlah organisasi sayap juga sudah berkomitmen mendukung Hatta.

Dua calon ketua umum PAN harus memperebutkan 512 suara. Suara itu berasal dari DPP, DPW, DPD, dan enam organisasi sayap.

Enam organisasi sayap itu adalah Gerakan Muda Nasional (GMN), Penegak Amanat Reformasi Rakyat (Parra), PAN Muda untuk Indonesia (Pandu), Perempuan PAN (Puan), Barisan Muda PAN (BM PAN), dan Himpunan Pengusaha PAN (Himpan).

Bayu Januar/ Jakarta

Baca juga:

Amien Balas Curhat Hatta: Semua Tahu Siapa yang Berbohong
Zulkifli Hasan Terpilih Ketua Umum PAN

Usai Kongres, Pendukung Zulkifli Hasan Terlantar di Bali?

Panitia lokal membenarkan pendukung Zulkifli minta biaya tiket pulang

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2015