Daerah Dukung Zulkifli Demi Regenerasi dan Otonomi

Ketua MPR, Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Dukungan terhadap Zulkifli Hasan sebagai kandidat ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) terus mengalir jelang pelaksanaan kongres partai berlambang matahari itu di Bali, 28 Februari-2 Maret 2015.

Menurut Wakil Ketua DPW PAN DKI, Boy Ade, pemegang hak suara di kongres seperti ketua DPD (kabupaten/kota), ketua DPW (setingkat provinsi) dan sekretaris DPW pun beramai-ramai menyatakan dukungan mereka untuk pencalonan Zulkifli.

"Dukungan itu didasari keyakinan bahwa sosok Bang Zul mampu membesarkan PAN ke depan," kata Boy Ade dalam keterangannya, Kamis 26 Februari 2015.

Kata Ade, partainya kini butuh regenerasi kepemimpinan untuk penyegaran seiring semakin beratnya tantangan. Zulkifli diyakini merupakan sosok tepat untuk memimpin PAN selama lima tahun ke depan. 

Alasan yang dikedepankan Ade, karena Zulkifli yang mewakili kalangan muda akan mampu mendongkrak kinerja partai yang kini dipimpin Hatta Rajasa itu.

"PAN adalah partai dinamis. Jadi, harus diregenerasi," katanya.

Ade bahkan optimistis Zulkifli yang kini dipercaya sebagai Ketua MPR RI bakal mampu mengangkat suara PAN hingga di atas 10 persen pada Pemilu 2019 yang akan datang. Karenanya, sejumlah pengurus DPD dan DPW PAN kemarin menggelar konsolidasi dukungan untuk Zulkifli di Yogyakarta.

Ade menegaskan, delapan pemegang suara di DKI Jakarta juga utuh mendukung Zulkifli. “Bang Zul (Zulkifli Hasan, red) dikenal familiar kepada siapapun. Tidak elitis,” sambungnya.

Sedangkan Ketua DPW PAN Sumatera Utara, Syah Affandi mengaku menjadi pendukung Zulkifli karena tawaran konsep tentang otonomi bagi DPW dan DPD dalam menjalankan roda partai. Ia beralasan, pengurus PAN di daerah tentu lebih memahami persoalan di daerah masing-masing ketimbang DPP.

"Ya daerah itu sendiri yang paham. Jadi, kalau daerah ditinggalkan, dampaknya sulit bagi PAN meraih hati rakyat.  "Kami di Sumut, mendukung ZH (Zulkifli Hasan) karena tegas soal kebijakan otonomi partai di daerah," ucapnya.

Baca juga:

Zulkifli Hasan Bantah Kadernya Mundur
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, beberapa waktu lalu.

Akhirnya, Jokowi Beri Jatah PAN di Pemerintahan

Pejabat baru itu akan dilantik besok di Istana Negara.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2016