Tokoh Adat Papua Minta Tak Ada Politik Uang di Kongres KNPI

Ketua Umum KNPI Taufan EN Rotorasiko
Sumber :
  • ANTARA/Adi Lazuradi

VIVA.co.id - Pemilihan Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dalam Kongres KNPI XIV di Papua 24-28 Februari 2015, harus bermartabat dan tidak diwarnai oleh politik uang.

Hal ini disampaikan Sekjen Presidium Dewan Papua, M. Taha, Sabtu 28 Februari 2015. Menurut Thoha, jika politik uang sudah merasuki organisasi kepemudaan, maka potensi kader akan hancur.

"Jujur saja, sebagai senior dan kader, jika politik uang sudah merasuki organisasi kepemudaan, maka saya khawatir kader potensial yang sudah menapak karirnya di organisasi sejak awal yang teruji, tak punya peluang jadi pemimpin," ujar Taha dalam keterangan persnya kepada VIVA.co.id.

Menurut Taha, untuk menyelamatkan organisasi kepemudaan harus dibangun kembali idealisme pemuda yang memiliki visi maju dan positif.

"Sudah waktunya mengembalikan idealisme pemuda, jangan tergantung siapa yang bayar. Harus dihentikan budaya politik yang tidak bermartabat," kata dia.

Tokoh adat Papua itu meminta seluruh anggota KNPI yang berkumpul hari ini dalam kongres, mampu menyadari pentingnya menghentikan cara-cara kotor, seperti politik uang.

Taha mengajak KNPI kembali ke khitah sebagai organisasi yang mampu melahirkan pemuda-pemuda tangguh melalui pengkaderan, bukan karena kekuatan uang.

"Dengan tidak adanya politik uang, maka semua pemuda memiliki kesempatan, termasuk putra daerah," kata Taha.

Dia juga yakin apabila putera Papua yang berkualitas dipercaya menjadi pemimpin organisasi nasional, maka akan memberi ruang pola pendekatan kepada Papua yang selama ini dianggap sebelah mata.

"Memilih putera Papua sangat tepat untuk mengubah pendekatan kepada Papua yang selama ini dinilai sebagai separatis, bodoh, malas dan tidak mampu dan berkualitas," tuturnya.

Selain itu Taha juga berharap Kongres KNPI di Papua ini sebagai momentum untuk menyatukan dualisme yang terjadi di tubuh organisasi pemuda ini.

"Dengan persatuan pemuda maka sumbangsih pemuda kepada pembangunan bangsa akan makin meningkat dan pemuda dapat membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan-persoalan mendasar bangsa ini," ujar Taha.

Baca juga:

Kongres KNPI Di Papua Ricuh, Pimpinan Sidang Dipukuli

Ketua Umum KNPI Taufan EN Rotorasiko

Putra Papua Pimpin KNPI

Muhamad Rivai terpilih untuk tiga tahun ke depan menggantikan Taufan.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2015