Megawati: Lee Kuan Yew Sudah Seperti Mentor Saya

Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma
VIVA.co.id
'Ahok, Lee Kuan Yew dari Jakarta'
- Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri memiliki kesan tersendiri atas mendiang Lew Kuan Yew. Menurut Megawati, Lee tidak hanya Bapak Bangsa Singapura, namun sekaligus sahabat dan mentor terpercaya.

PM Singapura: Ketika 'Steam Boat' Jadi Kapal Perang

"Saya menyampaikan duka cita yang mendalam dan sungguh merasa kehilangan atas wafatnya Bapak Lee Kuan Yew," ujar Megawati Soekarnoputri dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin 23 Maret 2015.
Prosesi Pemakaman Lee Kuan Yew


Megawati menyebutkan dia sering mengadakan pertemuan dengan penuh persahabatan dengan Lee. Dalam suatu kesempatan, Megawati ingat betul bagaimana Lee begitu mengagumi Bung Karno dan sangat merasakan bagaimana perjuangan Bung Karno mendirikan negara Indonesia yang begitu besar, plural, dan secara geografis sangat luas.


"Membangun Singapura yang kecil saja tidak mudah, apalagi membangun Indonesia yang begitu besar. Saya bisa merasakan sulitnya Bung Karno mendirikan Indonesia yang merdeka, berdaulat dan bersatu," kata Lee dalam suatu kesempatan, sebagaimana dikutip Megawati.


Bagi Megawati, relasi dengan Lee bukan lagi antar pemimpin negarawan. "Beliau sudah seperti mentor saya sendiri," ucap Megawati dengan penuh haru mengenang Bapak Bangsa Singapura tersebut


Tidak hanya itu, Megawati pun banyak menyerap sari pati perjuangan yang dilakukan Almarhum Lee Kuan Yew.

Lee tutup usia pada Senin dini hari pada pukul 03.18 waktu setempat di Rumah Sakit Umum Singapura (SGH). Dia dirawat sejak 5 Februari lalu di sana akibat menderita pneumonia akut.

Negarawan berusia 91 tahun itu telah memimpin Singapura selama 31 tahun.

Pemerintah Negeri Singa selama satu pekan menyatakan berkabung nasional. Lee rencananya akan dikremasi pada Minggu esok.

![vivamore="
Baca Juga
:"]




[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya