Pemerintah Akan Jelaskan Pencalonan Badrodin ke DPR

Wakapolri Badrodin Haiti di Rapat Pimpinan TNI Polri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah akan menjelaskan alasan Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai calon kapolri. Penjelasan itu akan dia berikan ke DPR karena adanya tuntutan agar Jokowi menjelaskan penunjukan Badrodin.

"Ya nantilah, kita belum mendengarnya secara resmi. Itu kan baru pembicaraan-pembicaraan personal. Nanti pemerintah akan bicara dengan DPR sendiri, Komisi III pada waktunya," kata JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis 26 Maret 2015.

Nantinya, lanjut JK, Jokowi akan diwakili Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Tedjo Edhy Purdijatno dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Hamonangan Laoly. Sampai saat ini, belum ada rencana bahwa Jokowi yang akan menjelaskan kepada DPR.

"Kalau itu (penjelasan) ada konsultasi resmi pemerintah seperti biasa. Itu pasti, Pak Jokowi dengan menteri-menteri, dengan saya biasanya," tutur dia.

Badrodin Haiti Resmi Jadi Kapolri

DPR belum bisa melakukan uji kelayakan calon kapolri, Komjen Pol Badrodin Haiti. Ini disebabkan karena banyak anggota legislatif bertanya mengenai status Komjen Pol Budi Gunawan yang sebelumnya sudah disahkan DPR namun batal dilantik oleh Presiden Jokowi.


![vivamore="Baca Juga :"]

Besok, Badrodin Haiti Dilantik Jadi Kapolri
[/vivamore]

Kapolri: Jumlah Kelompok Santoso Poso Puluhan Orang

Polri terus memburu kelompok yang beranggota 30-40 orang ini.

img_title
VIVA.co.id
13 November 2015