Marzuki Alie Cemas Demokrat Pecah

Mantan Ketua DPR, Marzuki Alie.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id - Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Marzuki Alie, menyoroti kasus pemecatan pengurus cabang yang marak dilakukan DPP menjelang kongres. Dia khawatir, hal itu dapat memicu perpecahan di tubuh partai besutan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Demokrat Beberkan Alasan Pilih Koalisi Prabowo Ketimbang Jokowi

"Saya tidak ingin Demokrat ini pecah. Demokrat mesti bersatu dan kuat," kata Marzuki saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Plaza Centris, Kuningan Jakarta, Rabu, 22 April 2015.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Demokrat, Syarief Hasan memecat sejumlah pengurus cabang di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pemecatan itu ditengarai karena mereka tidak mau mengikuti perintah partai agar mendukung Susilo Bambang Yudhoyono sebagai ketua umum secara aklamasi.

DPP Demokrat Lolos Verifikasi Faktual KPU

Menurut Marzuki, memang ada rentetan persoalan yang membuat DPP mengeluarkan kebijakan itu. Namun, DPP Demokrat juga tidak boleh sepihak memecat dan memberhentikan mereka.

"Terhadap mereka yang dipecat, mesti diberi ruang pembelaan menjelang kongres," kata Ketua DPR periode 2009-2014 ini.

SBY Singgung Benny K Harman Sudah Tiga Kali Nyalon

Marzuki menegaskan, keputusan dan demokratisasi di partai jangan sampai mengorbankan soliditas antarkader. Ego elit tidak semestinya dikedepankan dan mengorbankan soliditas partai karena akan berdampak serius pada Pemilu nantinya.

"Insya Alloh kalau bisa bersatu sampai 2019, dan menjalankan amanah rakyat, Demokrat bisa solid dan kuat lagi." 

(mus)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya