Sah Jadi Ketua Umum, SBY Punya Hak Bentuk Formatur

Kongres Partai Demokrat IV di surabaya
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id - Ketua Sidang Paripurna Kongres ke IV Partai Demokrat, EE Mangindaan mengatakan usai terpilih menjadi Ketua Umum, Susilo Bambang Yudoyono memiliki hak untuk menentukan anggota formatur. Formatur nantinya yang akan menentukan kepengurusan Partai Demokrat periode 2015-2020.

Ditemui di lokasi kongres di Hotel Shangri-La, Surabaya, Jawa Timur pada Rabu dinihari, 13 Mei 2015, Mangindaan mengatakan posisi formatur begitu penting.

"Ketua formatur diserahkan pada ketua umum terpilih. Di mana ketua formatur diberi kewenangan penuh untuk menentukan anggota formatur," kata Mangindaan.

Jumlah keseluruhan formatur, Mangindaan melanjutkan adalah tujuh orang. Dengan susunan terdiri dari satu ketua dan enam anggota. Formatur ini, nantinya akan menentukan berapa banyak pengurus Partai Demokrat untuk lima tahun mendatang.

Sementara, kepengurusan partai akan diserahkan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk disahkan. Pengesahan dari Kemkumham dibutuhkan Partai Demokrat, jika ingin berlaga di pemilukada serentak pada Desember mendatang serta pemilu presiden di tahun 2019.

Mangindaan mengatakan semua butuh persiapan yang matang untuk menghadapi pemilukada dan pilpres. Terutama para kandidat dari kader internal.

"Untuk pemilihan presiden, idealnya disiapkan dua tahun sebelum pilpres digelar," kata Mangindaan. (ase)

Jurus SBY agar Kabinet Tak Gaduh
SBY dan Ani Yudhoyono

Diusung Demokrat, Anak Ratu Atut : Terima Kasih Pak SBY

Pasangan ini yakin menangkan pilkada Banten.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016