Ketua KPU: Pilkada Serentak Lebih Efisien

Ketua KPU Husni Kamil Manik
Sumber :
  • Moh. Nadlir/Jakarta

VIVA.co.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2015. Untuk tahap awal, Pilkada serentak digelar di sembilan provinsi Indonesia dan 260 Kabupaten/Kota.

Husni Kamil Manik selaku Ketua KPU mengatakan, dengan digelarnya Pilkada secara serentak maka akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai

Menurut Husni, dari segi pelaksanaan, Pilkada serentak menghemat tenaga karena penyelenggaraannya tidak dilakukan secara berulang.

"Tapi poin besarnya adalah efisiensi. Yang tadinya tahapan berulang, anggaran berulang, kalau (pilkada) secara anggarannya tidak berulang," kata Husni dalam diskusi bertajuk 'Menghitung Problematika Pilkada Serentak' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 30 Mei 2015.

Husni mengatakan, sebelum adanya wacana tentang Pilkada serentak, KPU harus bekerja sepanjang tahun untuk menyelenggarakan Pilkada. Menurut Husni, dengan Pilkada serentak pihaknya pun dapat dihitung dalam menyelenggarakan pemungutan suara mendatang.

"Kami akan melihat apakah ritme kerja ini sesuai dengan pedoman. Apakah suatu tahapan sesuai dengan jadwan nasional atau belum," tuturnya.

Hasto Datangi KPK

PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI

Alasannya, saat ini masih sibuk bicarakan cagub daerah lain.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016