Pilkada Serentak, Tiga Kabupaten Ini Minim Calon Independen

Pilkada Deli Serdang
Sumber :
  • Antara/ Irsan Mulyadi

VIVA.co.id - Jelang pemilihan kepala daerah, tak banyak bakal calon (balon) independen yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah.

Koalisi Kekeluargaan Masih Belum Bersifat Final, kata PDIP

Hingga batas akhir pendaftaran yaitu Senin, 15 Juni 2015 pukul 16.00 WIB, hanya ada satu pendaftar di KPUD Gunung Kidul. Sedangkan, di KPUD Bantul dan Sleman sama sekali tidak ada yang mendaftar.

Ketua KPUD Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, M Zainuri, mengatakan instansinya menerima pasangan bakal calon independen, yaitu Benjamin Sudarmaji dan Mustangid pada Sabtu, 13 Juni 2015 yang lalu.

"Kami langsung cek dan kami minta tim sukses menunggu jika masih ada persyaratan yang kurang," kata Zainuri.

Sementara itu, Ketua KPUD Bantul, Johan Komara, mengatakan hingga batas akhir pendaftaran balon independen yaitu pukul 16.00 WIB sore tadi sama sekali tidak ada yang mendaftar.

"Calon perseorangan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Bantul tahun 2015 dipastikan tidak ada. Sampai batas akhir tanggal 15 Juni 2015 pukul 16.00 WIB penerimaan dukungan calon perseorangan dalam pemilihan Bupati dan wakil Bupati Bantul tahun 2015, tidak calon perseorangan yang menyerahkan persyaratan calon dukungan," jelasnya.

Dengan demikian, kata Johan, tidak ada proses verifikasi dukungan kegandaan, verifikasi administrasi dan verifikasi faktual untuk pasangan calon perseorangan.

"Selanjutnya, pasangan calon hanya dari parpol atau gabungan parpol sesuai jadwal pendaftaran berlangsung dari 26-28 Juli 2015," ujar Johan.

Seperti di KPUD Bantul, di KPUD Sleman hingga pukul 16.00 WIB tidak ada balon independen yang mendaftar. Sehingga, pilkada serentak di tiga kabupaten di DIY yaitu Bantul, Sleman dan Gunungkidul yang ada balon independen hanya di KPUD Gunungkidul. (ase)

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma

PDIP sampai saat ini belum memutuskan calon gubernur DKI.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016