Karier Politik Sutiyoso Jadi Bahan Uji Kelayakan Kepala BIN

Sutiyoso ditunjuk jadi Komisaris Utama PT Semen Indonesia.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Kepala BIN Dinilai Cari Popularitas dari Amnesti OPM
- Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan mengatakan DPR belum dapat menggelar uji kelayakan dan kepatutan Sutiyoso, selaku calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang diajukan Presiden Joko Widodo.

Tim Pengawas Intelijen Dibentuk, Kepala BIN Tak Terganggu

Taufik mengatakan DPR masih menyerap aspirasi dan masukan masyarakat terkait calon tunggal yang diajukan Presiden. Kendati pun DPR sebenarnya mempunyai kewenangan memberikan catatan atas calon yang diajukan Jokowi itu.
DPR Bentuk Pengawas Intelijen, Apa Fungsinya?


"Jadi memang ini aspek teknis, ada ruang waktu 20 hari. Ini terkait BIN, semua pihak harus didengarkan. Ada proses pertama kali BIN melakukan
fit and proper test
, walaupun itu hak prerogatif presiden," kata Taufik di gedung DPR, Jakarta, Rabu 17 Juni 2015.


Politisi Partai Amanat Nasional ini menjelaskan ada dua hal yang ingin diserap DPR, dari masyarakat maupun kandidat calon Kepala BIN. "Yang pertama, publik kan ingin tahu konsepnya, strateginya," ujar Taufik.


Kedua, terkait dengan aspek kelengkapan dokumen. Menurut Taufik, kedua aspek ini merupakan proses teknis yang harus dipenuhi calon Kepala BIN. Karena itu, DPR perlu meminta masukan dari semua pihak, termasuk masyarakat.


"Nanti pimpinan DPR akan undang seluruh fraksi, bukan hanya di komisi terkait saja," kata Taufik.


Selain itu, latar belakang politik Sutiyoso juga akan menjadi materi yang akan disampaikan saat proses
fit and proper test
berlangsung. Diketahui, setelah pensiun dari dinas kemiliteran, Sutiyoso terlibat dalam politik praktis, bahkan menjadi pimpinan partai politik.


"Salah satunya itu yang perlu jadi pendalaman. Ada masukan resmi dari pimpinan fraksi yang memberi garis bawah netralitas profesionalitas itu menjadi salah satu pertimbangan," ujar Taufik.


Sayangnya, Taufik tak merinci fraksi mana saja yang memberikan catatan terhadap latar belakangan Sutiyoso sebagai calon Kepala BIN pilihan Jokowi. "Hanya beberapa aja," jawabnya singkat. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya