Kinerja Disorot Presiden Jokowi, Ini Langkah Menko Maritim

Menko Kemaritiman hadiri Sertijab Menko PMK
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Jokowi Minta Luhut Bereskan Persoalan Reklamasi
- Selain kinerjanya ikut disorot atas lambatnya sistem dwelling time (masa tunggu bongkar muat barang ekspor-impor) di Pelabuhan Tanjung Priok, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo, juga terancam dipecat dari jabatannya oleh Presiden Joko Widodo.

Anak Buah Kaget Menteri 'Kepret' Kena Reshuffle

Meski begitu, Indroyono masih mempunyai cara untuk menekan angka dwelling time yang sesuai dengan target pemerintah saat ini.
Pelindo III Bantah Tudingan Intimidasi Pekerja Alih Daya


"Ada dua upaya langkah yang dilakukan, yang pertama yaitu pemerintah akan memperkuat sistem online pelayanan masyarakat. Lalu, yang kedua, mencari simpul perdagangan dan perhubungan di pelabuhan," ujar Indroyono di kantornya di Jakarta, Kamis 18 Juni 2015.


Menurutnya, saat berkunjung ke pelabuhan Tanjung Priok, pihaknya menemukan bahwa dwelling time memakan waktu yang cukup lama yakni terjadi 5,5 hari, padahal pemerintah menargetkan setiap dwelling time hanya memakan waktu 4,7 hari.


"Itu sebagai tindak lanjut kunjungan Pak Presiden kemarin. Jadi akan terus kita tindak lanjuti," katanya


Tidak hanya itu, lanjut Indroyono, untuk mencatat mengenai jejak bongkar muat di Pelabuhan, pihaknya juga telah menyiapkan web yang bisa diakses melalui web dwelling.indonesiaport.co.id


"Di web itu data dwelling time bisa dilihat terbuka oleh publik dari mulai tahun 2013, sampai saat ini. Semua pencatatan lamanya bongkar muat di pelabuhan dan progresnya ada di web itu," ujar Indroyono.


Selain itu, lanjut Indroyono, langkah selanjutnya yaitu membenahi dua sektor dalam upaya mempercepat proses izin yang ada di Pelabuhan.


"Kita juga akan mempercepat izin kaitannya perdagangan, kedua kaitannya pasca dari bea cukai seperti pre-custom, kedua bea cukai, lalu push custom, ini semua yang akan dilakukan," ujarnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya