Jokowi: Reshuffle, Kenapa Setelah Lebaran?

Presiden Bertemu Menlu dan Dubes Indonesia Untuk Brazil di Istana Negara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo meminta para menterinya mengumpulkan laporan sebanyak dua lembar, hari ini, Kamis 18 Juni 2015. Laporan hasil kinerja selama 6 bulan itu, digunakan Jokowi untuk evaluasi.

"Ya, itu baru saya terima tadi siang. Belum saya baca sih, tapi sudah kumpul tadi siang," kata Jokowi usai buka puasa bersama anak yatim piatu di Istana Negara, Jakarta, Kamis 18 Juni 2015.

Menurut Jokowi, bahan itu dia gunakan untuk evaluasi, baik lewat laporan tertulis maupun mengecek ke lapangan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana progres di lapangan.

"Contohnya kemarin di Lampung, setelah ground breaking, saya tetap cek setelah 2,5 bulan di lapangan, laporan tertulis juga, perkembangan setiap hari, setiap bulan, setiap minggu," kata Jokowi.

Dari hasil evaluasi itu, kata Jokowi, ada beberapa sektor bernilai merah. "Ya, ada merah, kuning, ijo, biasa," lanjutnya.

Namun, ketika Jokowi ditanya mengenai apakah hasil evaluasi itu digunakan sebagai bahan perombakan kabinet usai lebaran, Jokowi justru balik bertanya.

"Kenapa setelah lebaran?" ujar dia.

Kemudian, wartawan kembali bertanya apakah artinya perombakan kabinet itu bisa dilakukan lebih cepat. Jokowi kembali bertanya.

Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta

"Enggak. Kenapa setelah lebaran?" kata dia.

Jokowi kemudian menegaskan bahwa evaluasi kepada para menterinya biasa dia lakukan.

"Sudah saya sampaikan, setiap hari, setiap minggu, setiap bulan terus saya evaluasi," lanjutnya. (one)

Fadli Zon dan Fahri Hamzah Puji Jokowi
Maket Stasiun Kereta Api di dalam area Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten

Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017

Terkendala lahan yang belum dibebaskan

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016