Jokowi Temukan Biang Keladi Masalah di Tanjung Priok

Presiden Jokowi kunjungi Pelabuhan Tanjung Priok
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo mengaku sudah menemukan siapa biang keladi yang membuat proses pelayanan di Pelabuhan Tanjung Priok lamban. Namun, Jokowi tidak mau menyebutkan siapa pejabat yang terancam dipecat itu.

Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta

"Nanti.. nanti. Kalau sudah akan saya sampaikan," kata Jokowi usai buka puasa bersama anak yatim piatu di Istana Negara, Jakarta, Kamis 18 Juni 2015.

Jokowi memastikan akan memecat pejabat itu. "Saya sudah ngomong apa? Kalau dicopot yah akan dicopot," ujar dia.

Pencopotan ini, kata Jokowi, berlaku untuk semua level, baik yang bekerja di lapangan atau di level dirjen maupun menterinya. Namun, dia tidak menyebut secara spesifik di level mana yang akan dia copot usai kemarahannya di Tanjung Priok.

"Kalau memang performanya tidak bisa melayani dengan cepat, seperti yang saya sampaikan ya," ujar dia.

Sebab, menurut dia, dengan tidak baiknya kinerja kementerian dan lembaga yang mengelola Tanjung Priok ini terjadi ketidakefisienan sebesar Rp780 triliun.

"Loading dan unloading, bongkar muat, kelamaan karena hal-hal yang bersifat dokumen. Ada moragenya kapal berhenti di situ tidak bisa cepat. Ini biaya, seperti itu meninggikan biaya logistik dan transportasi," ujar dia.

Tak hanya Tanjung Priok, Jokowi juga akan segera mengecek di pelabuhan-pelabuhan lainnya.

"Nanti kalau sudah data itu betul-betul sudah, saya akan cek dengan cara saya sendiri. Nanti dilihat, kamu bisa lihat," kata dia.

Fadli Zon dan Fahri Hamzah Puji Jokowi

Jokowi marah besar ketika sidak ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu 17 Juni 2015. Jokowi marah lantaran menemukan tak ada perubahan sejak pertama kali dia datang ke pelabuhan itu, beberapa bulan lalu. (one)

Maket Stasiun Kereta Api di dalam area Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten

Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017

Terkendala lahan yang belum dibebaskan

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016