Pemerintahan Jokowi Harus Hati-hati dengan Dana Aspirasi

Rapat Paripurna DPR
Sumber :

VIVA.co.id - Wakil Ketua Fraksi Nasdem Johnny G Plate, mengingatkan pemerintah untuk berhati-hati dan tidak mengakomodir wacana dana aspirasi. Menurutnya, program ini sudah berbahaya bahkan sejak dari perencanaan. Apalagi program ini juga terkesan tergesa-gesa sehingga akan berdampak buruk pada implementasinya.

"Bahayanya terlihat di perencanaan, jauh dari kualitas perencanaan yang baik. Kami ingatkan pemerintah untuk hati-hati, tidak perlu akomodasi ini," kata Johnny di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 20 Juni 2015.

Menurutnya DPR juga mempunyai fungsi terbatas, sehingga tidak perlu membuang-buang waktu untuk membahas dan memproses dana aspirasi. "Tak bisa dana itu dipaksakan, lebih baik DPR bahas fungsi-fungsinya, dengan memastikan APBN berkualitas," ujar Johnny.

FITRA: Pertanggungjawaban Dana Aspirasi DPR Belum Jelas


Johhny mengakui bahwa pembangunan di desa-desa itu penting, namun harus sesuai dengan aturan perundang-undangan yang ada. Tapi dengan melanjutkan dana aspirasi tidak akan memberi manfaat untuk penyerataan pembangunan.

Sebelumnya, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Effendi Simbolon, mengatakan usulan dana aspirasi rawan penyelewengan dan merupakan ranah eksekutif, bukan legislatif. "Kalau itu kemudian berjamaah masuk penjara semua, mendingan enggak usah ikutlah," ujar Effendi.

Ilustrasi Sidang Paripurna DPR

DPR Bantah Tudingan Dana Aspirasi Tak Jelas

Seluruh kelengkapan administrasi dana tersebut ada di Sekretariat DPR.

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2015