Fadli Zon Ibaratkan Pemerintahan Saat Ini Seperti Warkop

Wakil Ketua DPR Fadli Zon Temui Orang Tua M Arsyad
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Fadli Zon: Silakan Demonstran Menginap di DPR
- Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan bahwa pemerintahan saat ini adalah pemerintahan Warung Kopi (Warkop). Hal itu ia ungkapkan lantaran masalah dana bantuan partai politik yang belum juga diusulkan sudah harus dibatalkan.

Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
"Kenaikan dana Parpol itu bagaimana ceritanya, soal batal juga kan belum ada perintahnya. Mendagri mengusulkan, Mendagri juga yang membatalkan. Pemerintahan Warkop," katanya di Kantor Partai Perindo, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Sabtu 27 Juni 2015.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka
Ia menjelaskan pengeluaran untuk dana operasional partai politik terbilang tidak sedikit. Lantaran partai politik harus menggaji para pengurus partai yang ada, untuk kegiatan event, atau biaya yang lain. Bahkan menurutnya gaji anggota DPR atau perwakilan partai di Senayan, 25 persennya masuk ke partai.

Karenanya, menurut politisi dari partai Gerindra tersebut mengatakan bahwa idealnya memang saat ini kenaikan dana bantuan partai politik berkisar sekitar 30 persen untuk tahap awal.

"Minimal 30 persen, bahkan kalau bisa per suara itu dihargai Rp5.000 kan wajar. Itu sudah berdasarkan kajian dengan berbagai pihak seperti Perludem dan lainnya," katanya.

Sementara itu Ketua DPR RI Setyo Novanto menilai bahwa semua Partai Politik pasti membutuhkan dana sumbangan parpol untuk bisa naik. Tetapi ia sepenuhnya menyerahkan mekanisme kenaikan dana bantuan tersebut kepada Pemerintah.

"Saya rasa sangat perlu dengan situasi sekarang, bahwa parpol yang ada membutuhkan. Tentu besarannya juga disesuaikan," kata Setnov panggilan akrab Setyo Novanto.

Bendahara partai Golkar tersebut juga menjelaskan bahwa nantinya jika dana bantuan parpol benar-benar akan dinaikkan, maka idealnya per suara bisa dihargai Rp2.000 atau lebih.

Selain itu menurutnya, para partai politik sudah pasti memiliki perhitungan yang jelas, berapa idealnya dana parpol tersebut harusnya dinaikkan, dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk operasional partai politik.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya