KPU Diminta Cari Solusi Calon Tunggal di Pilkada

Balon Walkot Surabaya, Risma-Wisnu
Sumber :
  • Viva.co.id/MZ Abidin
VIVA.co.id
PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI
- Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan minta pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum cepat mengantisipasi potensi hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah serentak.

Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai

"Perbaikan perbaikan harus sesegara mungkin ditangani pemerintah khususnya Kemdagri, terutama teknisnya bagaimana dengan adanya satu pasangan calon," kata Taufik di gedung DPR RI, Jakarta, Senin 27 Juli 2015.
KPUD DKI Akui Syarat Jalur Independen Sulit


Mendagri dan para stekhoder pelaksana Pilkada serentak harus menyiapkan langkah terkait calon tunggal dalam pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada Desember mendatang. Agar persoalan calon tunggal tidak menjadi masalah dalam pilkada serentak.


"Apakah perlu Perppu atau seperti apa? Ini segera saja pihak Kemendagri untuk melakukan kordinasi dengan stakeholder penyelanggara pilkada serentak," kata politisi PAN itu.


Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, menilai polemik calon tunggal kepala daerah bisa berdampak buruk terhadap masyarakat.


"Calon tunggal aturannya akan diperpanjang atau diikutkan pada Pilkada berikutnya. Saya kira ini aturannya dari PKPU. Jangan sampai masyarakat dirugikan. Secara pribadi kalau saya, kalau memang calon tunggal ya itu saja yang dipilih," kata politisi partai Gerindra ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya