Pilkada, Nasdem Kibarkan 'Bendera Putih' di Empat Daerah Ini

Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum atau Bappilu Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem, Effendy Choirie atau Gus Choi.
Sumber :

VIVA.co.id - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat Jawa Timur, Effendi Choirie memastikan tidak berpartisipasi di pilkada serentak di empat daerah se-Jawa Timur. Dasarnya, NasDem enggan mengusung calon boneka, sehingga tidak akan mendukung calon mana pun.

"Dari pada ikut mendukung calon boneka, lebih baik NasDem kibarkan bendera putih, atau tidak mendukung siapa pun," ujar Gus Choi panggilan akrab Effendi Choirie, Rabu 29 Juli 2015.

Keempat daerah itu yakni, Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Lamongan, dan Kabupaten Kediri.

Tak Usulkan Calon Kepala Daerah, Parpol Tolak Disanksi

"Pada intinya, di empat daerah tersebut tidak ada pasangan calon yang memenuhi standar moral Partai NasDem, sehingga lebih baik kami kibarkan bendera putih saja," ungkap mantan anggota DPR RI ini.

Diketahui, hingga massa pendaftaran ditutup pada Selasa 28 Juli pukul 16.00 WIB, Pilkada Surabaya hanya diikuti satu pasangan bakal calon dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, yakni Tri Rismaharini dan Wisnu Sakti Buana.

Sesuai PKPU Nomor 12 Tahun 2015 dan Surat Edaran KPU 403, maka KPU Surabaya memperpanjang masa pendaftaran 1-3 Agustus, setelah sebelumnya digelar sosialisasi 29-31 Juli.

Jika dalam waktu tambahan tidak juga muncul dua pasangan bakal calon, Pilkada dihentikan dan dibuka lagi pada 2017. (asp)

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Ahok Maju Lewat Parpol, Bagaimana Nasib 1 Juta KTP?

Relawan mengaku tetap mendukung Ahok.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016