Akbar: Luhut Jadi Menteri Lebih karena Dekat dengan Jokowi

Luhut Pandjaitan Darmin Nasution Rizal Ramli
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside
VIVA.co.id -
Saleh Husin: Reshuffle Jadi Titik Balik Perbaikan Ekonomi
Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Akbar Tandjung, mengakui bahwa Luhut Binsar Panjaitan masih merupakan kader partai pohon beringin itu. Namun, Akbar menegaskan bahwa terpilihnya Luhut sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan bukan atas nama partai.

Reshuffle Tak Pengaruhi Aturan TKDN

"Kapasitas dia dengan Pak Jokowi secara pribadi," kata Akbar saat berbincang dengan
Begini Respons Negara Islam Terkait Sri Mulyani
VIVA.co.id, Kamis, 13 Agustus 2015.


Akbar menuturkan, Luhut adalah seseorang yang memiliki hubungan baik dengan Partai Golkar. Terakhir dia bahkan menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar. Selain itu, Luhut juga punya hubungan dan komunikasi yang baik dengan Jokowi.


"Pada waktu dia diangkat jadi Kepala Staf Kepresidenan, itu karena kapasitas pribadinya," lanjut Akbar.


Mantan Ketua DPR itu tak heran Luhut bisa dipercaya menjabat sebagai Menkopolhukam. Sebab, pada penyusunan awal kabinet Jokowi, pria asal Sumatera Utara itu disebut sebagai calon Menkopolhukam, meskipun yang terpilih akhirnya Tedjo Edhy Purdijatno dari Partai Nasdem.


"Saya melihat lebih sebagai orang yang memiliki kedekatan dengan Pak Jokowi," tutur Akbar.


Meski demikian, Akbar berpendapat bahwa keputusan Jokowi menunjuk Luhut itu sudah tepat. Sebab, Luhut adalah sosok yang memiliki karier panjang di dunia militer dan juga politik, sehingga ahli dalam membangun komunikasi dengan berbagai kalangan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya