PDIP: Luhut Akan Perbaiki Hubungan Pemerintah-DPR

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai PDIP, Hendrawan Supratikno (kiri).
Sumber :
  • Antara/ Septianda Perdana
VIVA.co.id - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menyambut baik kebijakan Presiden Joko Widodo yang mengangkat Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan untuk menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno.
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Hendrawan Supratikno menilai, posisi Menko Polhukam sangat strategis, terutama bagi hubungan Pemerintah dengan DPR. Luhut, katanya, dapat menjembatani atau menjadi komunikator yang baik untuk memperbaiki relasi Pemerintah dengan DPR, yang sering tidak sejalan beberapa waktu lalu.
Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

"Dengan ditempatkannya Pak Luhut sebagai Menko Polhukam, konsolidasi politik sudah masuki babak baru," katanya kepada wartawan di kompleks Parlemen di Jakarta pada Kamis, 13 Agustus 2015.
PDIP Bahas Nama Budi Waseso untuk Pilkada Jakarta

Legislator Komisi XI DPR itu menjelaskan bahwa perombakan kabinet menunjukkan komitmen Presiden untuk membenahi kinerja pemerintah. Maka, hal serupa pun harus dilakukan DPR.

"Kita berharap DPR segera merespons ini dengan pembenahan di DPR juga. Jangan DPR berteriak-teriak di sektor eksekutif, sementara eksekutifnya sudah dibenahi tapi DPR-nya tidak membenahi," ujarnya.

Dia menilai formasi baru Kabinet Kerja sudah tepat karena masing-masing posisi diisi orang-orang yang berpengalaman dan profesional di bidangnya. "Kompetensinya lebih sesuai dengan bidang tugasnya. Persepsi masyarakat terhadap menteri-menteri baru ini lebih baik dan positif," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya