Jokowi Jelaskan Soal Reshuffle dalam Pidato Kenegaraan

jokowi lantik menteri baru
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo mengemukakan semua kerja yang telah dia lakukan selama 10 bulan menjabat pada pidato Sidang Tahunan MPR tahun 2015, di ruang Nusantara, Gedung DPR, Jakarta, Jumat, 14 Agustus 2015. Tak terkecuali, dia juga menjelaskan alasan mengapa melakukan reshuffle kabinet.

Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta

"Perombakan kabinet kerja yang saya lakukan pada dasarnya untuk meningkatkan kinerja pemerintah," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, perombakan adalah jembatan terbaik mewujudkan janjinya pada rakyat yaitu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kehidupan mereka. Saat ini, lanjut dia, pemerintah secara bertahap menjalankan program pembangunan nasional seperti digariskan dalam Nawa Cita.

"Pemerintah melakukan transformasi fundamental ekonomi dan mengubah paradigma pembangunan dari yang bersifat konsumtif ke produktif," ujarnya.

Langkah ini dilakukan untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi. Selain mendorong berkembangnya ekonomi kreatif, pemerintah fokus melakukan pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, kereta api, pelabuhan, waduk, dan pembangkit listrik.

Pemerintah juga mengalihkan subsidi BBM ke sektor-sektor produktif dan jaring pengaman sosial. Bahkan, kini pemerintah sedang membagikan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Keluarga Sejahtera, dan Asistensi Sosial untuk Penyandang Disabilitas Berat.

Fadli Zon dan Fahri Hamzah Puji Jokowi
Maket Stasiun Kereta Api di dalam area Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten

Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017

Terkendala lahan yang belum dibebaskan

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016