Novanto Minta Menteri Disorot Kamera karena Pengguna APBN

Ketua DPR Setya Novanto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
VIVA.co.id -
Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017
Ada kejadian menarik pada saat Ketua DPR Setya Novanto, menyampaikan pidato pembukaan masa sidang I tahun 2015-2016, yang dilanjutkan pidato penyampaian RUU APBN 2016 dan nota keuangan oleh Presiden Joko Widodo.

Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta

Novanto diawal pidato mengatakan, ada pemandangan baru dari sidang paripurna ini. Yakni, protokoler yang berada di sisi kiri dan kanan, yang diklaimnya sebagai sikap Dewan untuk menghargai para menteri kabinet. Mereka adalah mitra dari Dewan.
Fadli Zon dan Fahri Hamzah Puji Jokowi


Di sela-sela penjelasan itu, Novanto meminta kamera jurnalis untuk menyorot para menteri yang duduk ini.


"Mohon disorot kamera, karena inilah yang akan menggunakan APBN negara kita. Biar rakyat tahu," kata Novanto, Jumat, 14 Agustus 2015.


Mendengar permintaan Novanto itu, sejumlah menteri yang duduk seperti Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hanamongan Laoly maupun Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, nampak tersenyum. Terlihat juga beberapa menteri seperti Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan yang baru dilantik Presiden Jokowi yakni Luhut Binsar Panjaitan.


Dalam pidatonya, Novanto menyoroti berbagai hal yang menjadi perhatian publik. Seperti persoalan subsidi yang banyak data pemerintah tidak akurat.


Novanto juga menyoroti perlunya pengawasan dana desa yang semakin besar. Agar, realisasi anggaran yang besar itu, benar-benar nyata bisa dirasakan oleh rakyat desa sebagai upaya adanya desentralisasi pembangunan dan pemerataan pembangunan.


Selain itu, dia juga menyoroti masalah Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015. Saat ini, tahapan-tahapannya sudah mulai dilakukan. Masalah-masalah internaisonal juga menjadi sorotan dalam pidato Novanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya