Soal Century, Misbakhun Minta KPK Periksa SBY

Peluncuran Buku Kasus Bank Century
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
VIVA.co.id
Praperadilan 'Peran Boediono' di Kasus Century Ditolak
- Politisi Partai Golkar, Muhammad Misbakhun‎, mengatakan ada kaitan antara mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Sri Mulyani dalam kasus bailout Bank Century. Sejumlah fakta baru dia ungkapkan dalam buku terbarunya berjudul "Sejumlah Tanya Melawan Lupa, Mengungkap 3 Surat SMI kepada Presiden SBY‎."

Praperadilan 'Peran Boediono' di Century Diputus Hari Ini

"Sri mengatakan sudah melaporkan segala hal ke Presiden SBY. Bahkan Sri sudah mengirimkan surat tiga kali. Ini bukti otentik harus didalami KPK," kata Misbakhun di sela-sela peluncuran bukunya di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu 19 Agustus 2015.
Salinan Putusan Diterima, KPK Siap Bongkar Kasus Century


Menurut Misbakhun, tiga surat Sri Mulyani itu cukup bagi KPK untuk segera melakukan pemeriksaan terhadap SBY. Apalagi saat ini SBY sudah tidak menjabat sebagai Presiden.


"S‎aya meyakini hambatan kekuasaan tak dimiliki lagi KPK untuk memeriksa SBY. Saya setuju SBY diperiksa mengenai tiga surat dari Sri," katanya.


Menurutnya klarifikasi apakah SBY benar benar menerima surat Sri Mulyani ini sangatlah penting meski akan membantah keberadaan surat tersebut.


"Tanggal SBY pidato di Istana, mengatakan 'saya tidak diberitahu karena sedang bertugas ke luar negeri'. Kalau ditarik mundur konstruksinya ketemu," katanya.


Terkait kasus Bank Century ini, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah menguraikan pendapatnya. Misalnya saja disampaikan dalam sebuah kesempatan pada 10 Maret 2014.


"Policy tidak bisa diadili. Karena akan sulit memutuskan policy untuk kepentingan pembangunan," kata SBY. [Selengkapnya baca: ]


(ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya