Jadi Menteri, Tiga Politisi PDIP Otomatis Berhenti di DPR

Tuntut Puan Maharani Mundur dari Anggota DPR
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Humas Sekretariat Jenderal DPR RI, Djaka Dwi Winarko, memastikan tiga anggota Fraksi PDIP, Tjahjo Kumolo, Puan Maharani dan Pramono Anung sudah tidak menjadi anggota legislatif lagi pasca dilantik menjadi menteri.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

"Ya sudah otomatis gugur. Cuma kan ada proses lanjutan pengisian itu hal beda, itu otomatis keanggotaannya sudah selesai," kata Djaka di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 15 September 2015.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Djaka menambahkan kesekretariatan DPR saat ini tinggal menunggu siapa pengganti tiga politisi PDIP di legislatif. Namun sampai saat ini, kesekjenan DPR belum menerima surat Pergantian Antar Waktu (PAW) calon pengganti ketiganya.


"Proses selanjutnya untuk pergantian itu harus ada surat dari DPP," kata dia.


Selain itu menurut Djaka setelah Tjahjo, Puan dan Pramono resmi dilantik menjadi menteri ketiganya tidak lagi mendapatkan hak sebagai anggota legislatif. Semua fasilitas termasuk gaji ketiganya dicabut sesuai ketentuan Undang-Undang.


Fasilitas dan gaji tersebut akan diberikan pada pengganti politisi PDIP yang nantinya di ajukan DPP PDIP. "Fasilitas dan haknya nggak berbeda," kata dia.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya