Nasdem Rekrut Calon Pimpinan Daerah Tanpa Mahar

DPW Nasdem Jatim menjaring calon Wali Kota Surabaya
Sumber :
  • VIVA/Tudji Martudji
VIVA.co.id
Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma
- Sebanyak 255 calon pimpinan daerah akan didukung oleh Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dalam Pilkada serentak tahun ini. 

Koalisi Kekeluargaan Masih Belum Bersifat Final, kata PDIP
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP Partai Nasdem, Enggartiarso Lukita, Minggu 20 September 2015, mengatakan meski baru pertama kali ambil bagian, Partai Nasdem sudah mempersiapkan diri mengikuti gelaran Pilkada serentak tahun ini.

PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI
Menurutnya, Nasdem sudah mengantisipasi kecurangan masif yang diduga kerap terjadi dari tingkat kecamatan. Solusi yang diterapkan, yakni dengan penguatan dari saksi, serta relawan.

Dia menuturkan, ada tujuh tim Pilkada yang akan bekerja maksimal dari Partai Nasdem. Mereka membahas tren calon pemimpin daerah tanpa mahar. Semua pasangan calon tidak dibebankan biaya sedikit pun untuk berkontribusi.

"Proses penjaringan dan penyaringan terjadi tidak boleh ada satu sen pun dari kader kami memungut. Bahkan, materai pun disiapkan, karena kami mengecam praktik korupsi dan barang siapa yang pernah menerima dan terbukti dipecat," kata Enggartiasto.

Kesiapan mereka akan ditunjukkan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan digelar pada 21 dan 22 September 2015. Selama dua hari pelaksanaan kegiatan itu, para peserta menerima materi, atau pembekalan, baik dari kalangan internal maupun eksternal Nasdem yang berkompeten.

Ada pun, dari 255 calon pasangan yang diusung, lima di antaranya merupakan pasangan independen dari Sumatera dan Sulawesi.

Acara Rakernas mengusung tema "Bersama berjuang menang". Ada tiga sesi yang akan digelar, dengan pembukaan dilakukan pada Senin malam oleh Presiden Joko Widodo.

Sesi berikutnya, akan diisi pemaparan oleh lembaga survei yang memantau, seperti Indo Barometer, Charta Politika, Indikator dan Polmart Indonesia.

Dari segi hukum pemaparan akan diberikan oleh pimpinan Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu, Mahkamah Konstitusi, dan Tim Advokasi.

Sementara itu, dari sudut anggaran akan dibahas oleh Anggito Abimanyu. Wakil Presiden Jusuf Kalla juga ambil bagian dalam gelaran Rakernas itu. Jusuf Kalla akan menutup Rakernas pada Selasa Malam. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya