Gayus Keluyuran, Menteri Yasonna Harus Hukum Aparat Lapas

Ruhut Sitompul.
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id - Sejak Senin kemarin publik dihebohkan dengan sebuah foto napi kasus korupsi pajak, Gayus Tambunan, yang beredar di jejaring sosial. Dalam foto itu, Gayus terlihat santai sedang berada di sebuah restoran bersama dua orang perempuan.

Atas beredarnya foto tersebut, Kementerian Hukum dan HAM berjanji segera menginterogasi Gayus dan siap memberikan sanksi tegas bila terbukti keluyuran di luar Lapas.

Menkumham Yasonna Laoly juga mengusulkan agar Gayus dipindahkan ke Lapas Khusus Narkoba di daerah Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Foto Mirip Gayus Nyetir Mobil Bikin 'Marah' Netizen

(Selengkapnya Baca:

Namun, anggota Komisi III DPR, Ruhut Sitompul, meminta kepada Menkumham Yasonna agar tidak terus menerus menyalah-nyalahkan Gayus Tambunan.

"Saya mohon Yasonna sebagai pejabat negara, tidak usah maki-maki Gayus. Nggak usah nyalahin Gayus," kata Ruhut di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 22 September 2015.

Politikus Demokrat ini menganggap wajar jika seorang terpidana yang dipenjara, seperti Gayus, ingin menghirup udara bebas. "Di mana-mana, mereka yang dipenjara ingin menghirup udara luar. Yang lain juga begitu," ujar Ruhut.

Sebaliknya, Ruhut meminta Menkumham fokus dalam membenahi aparaturnya di Lembaga Pemasyarakatan, sehingga kejadian serupa tidak terus terulang.

"Jadi yang perlu dibenahi adalah aparatnya. Mungkin Yasonna kebakaran jenggot. Aku takut kalau dia (Gayus) di sana (Lapas Gunung Sindur) malah jadi bandar narkoba. Lapas itu kan buat mendidik agar kembali ke jalan yang benar," kata Ruhut. (ren)

Lapas Kelas III Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lapas ini ditetapkan sebagai rumah tahanan bagi napi terlibat narkoba.

Rutan Gunung Sindur Jadi Lapas Narkoba

Pernah jadi rumah bagi napi korupsi pajak Gayus Tambunan.

img_title
VIVA.co.id
14 Oktober 2015