DKPP Waspadai Pendukung Calon Kepala Daerah

Advokat Ditantang Harus Berani Dalam Bertugas
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI
- Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP), Jimly Asshiddiqie menilai penyelenggara pemilu untuk pilkada serentak tahap pertama 9 Desember 2015 sudah sangat siap. Walau masih ada kekurangan, Jimly yakin akan jauh lebih baik dari pada pemilu legislatif 2014 lalu.

Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai

Menurut Jimly, kesiapan penyelenggara pemilu saat ini, tidak terlepas dari pengalaman di pemilu legislatif 2014. Sebab, yang menjadi aktor adalah individu caleg yang memang sangat banyak.
KPUD DKI Akui Syarat Jalur Independen Sulit


"Sedangkan untuk pilkada ini 269 (provinsi, kabupaten dan kota), jadi kita sudah punya pengalaman," kata Jimly, usai bertemu Presiden Joko Widodo, di Istana Negara Jakarta, Selasa 22 September 2015.


Walau begitu, dengan pengalaman penyelenggara pemilu di daerah ini bukan berarti harus lengah. Sebab menurut mantan ketua Mahkamah Konstitusi ini, faktor para pendukung pasangan calon juga tidak boleh dikesampingkan.


"Karena emosi para pendukung dalam pilkada ini memang lebih kuat, sehingga kita tidak boleh anggap enteng," kata Jimly.


DKPP, menurut Jimly, juga sudah siap bekerja untuk menangani persoalan etika penyelenggara pemilu. Jimly mengaku, saat ini saja sudah ada lebih dari 100 aduan yang masuk, bahkan beberapa sudah mulai disidangkan.


Presiden Jokowi juga berharap, DKPP terus mengawal etika penyelenggara pemilu. Termasuk peran KPU dan Bawaslu agar tetap independen dan pada koridor tidak memihak salah satu pasangan calon atau partai tertentu.


"Jadi kita harus berpihak sama semuanya," kata Jimly. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya