Jokowi: Paket Ekonomi Jilid III Diluncurkan Pekan Depan

Joko Widodo dan Jusuf Kalla
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo akan meluncurkan lagi paket kebijakan stimulus ekonomi guna mengatasi perlambatan yang tengah mendera Indonesia. Menurut Jokowi, Paket Ekonomi Jilid III itu akan diluncurkan pekan depan.

"Rapat terbatas kali ini kita akan tindak lanjuti lagi yang berkaitan dengan paket ekonomi jilid III yang saya harapkan awal minggu depan sudah bisa dikeluarkan," kata Presiden Jokowi saat memimpin rapat kabinet terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis 1 Oktober 2015.

Jokowi berharap paket ini harus bisa memberikan stimusul dalam jangka pendek sekaligus insentif untuk jangka menengah dan panjang. "Sehingga bisa cepat sekali dirasakan oleh rakyat, dunia usaha," ujar dia.

Menurut Jokowi, paket ini harus bersifat jangka pendek. Agar saat dikeluarkan, bisa langsung dirasakan. "Saya kira jangka pendek itu yang masih kita perlukan untuk bisa ditangkap secara positif bahwa ada upaya-upaya pemerintah yang nyata, kongkrit," kata presiden.

Jokowi menginstruksikan para menteri menyajikan ramuan yang cespleng agar Paket Ekonomi jilid III ini bisa langsung diterapkan dalam jangka pendek. "Coba dilihat apakah memungkinkan," ujar dia.

Jokowi memberi penekanan di antaranya, bunga bank bisa turun dengan mengefisiensikan biaya-biaya yang ada di dalam bank, mendongkrak daya beli, serta proyek padat karya.

Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat

"Ini besok harus sudah bisa dikeluarkan. Di PU ada, di kementerian pertanian dana yang berkaitan dengan irigasi. Sisanya segera diluncurkan," ujar Jokowi.

Menurutnya, program padat karya harus tetap fokus. Dia meminta Mendagri Tjahjo Kumolo untuk memfokuskan itu apalagi dana desa sangat besar.

"Kalau bisa 500-an orang itu padat karya. Kemarin saya lihat hanya tujuh," katanya.

Jokowi juga minta agar ada restrukturisasi Usaha Kecil dan Menengah pada paket ekonomi III ini. (ren)

Pemerintah Diminta Beri Kemudahan Izin Investasi

Perlu Stimulus Dongkrak Dana Repatriasi Masuk Properti

Dengan stimulus, kinerja sektor properti dapat melampaui sektor lain.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016