DPR Beberkan Lima Tantangan TNI

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
VIVA.co.id -
WNI Disandera, Pemerintah Dinilai Gagal Jaga Kedaulatan
Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat, Mahfudz Siddiq, mengatakan bahwa Tentara Nasional Indonesia pada usia 70 tahun dihadapkan dengan persoalan yang semakin kompleks baik lokal maupun internasional. Menurut dia, setidaknya ada empat persoalan yang menanti TNI untuk dihadapi.

Menhan Sedih Ada Prajurit TNI-Polri Terjerat Narkoba

"Pertama adalah meningkatnya tensi konflik politik dan keamanan di berbagai kawasan, termasuk Laut China Selatan," kata Mahfudz di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 5 Oktober 2015.
Indeks Korupsi Militer RI Membaik, TNI Lebih Transparan?


Selanjutnya, tantangan kedua yang harus dihadapi TNI adalah semakin merebaknya kejahatan lintas negara non-tradisional. Kejahatan ini seperti terorisme, kejahatan cyber, dan separatisme internasional. Tantangan ketiga adalah pertarungan kepentingan ekonomi terhadap beragam sumber daya yang menggunakan metode
proxy war.


"Tantangan keempat adalah membesarnya potensi bencana alam akibat dampak persoalan lingkungan," ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.


Mahfudz melanjutkan, kondisi berat lain yang harus dihadapi oleh TNI adalah terkait keinginan Presiden Jokowi yaitu menginginkan TNI menjadi kekuatan militer maritim yang tangguh di kawasan. Oleh karena itu, penguatan TNI pada semua aspek menjadi penting.


"Agar TNI mampu menghadapi itu semua, negara wajib memperkuat TNI di antaranya dengan memperjelas kebijakan dan anggaran," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya