Kawalpilkada.id, Platfrom untuk Awasi Pilkada Serentak

Peluncuran Kawalpilkada.id
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id - Menyambut pelaksanaan Pilkada Serentak pada akhir tahun ini, beberapa organisasi pemerhati pemilu meluncurkan platform bernama Kawalpilkada.id. 

PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI

Organisasi yang meluncurkan platform ini yaitu Data Science Indonesia, Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Code4Nation dan Turun Tangan

Platform Kawalpilkada.id berisi tentang banyak informasi terkait Pilkada. Misalnya informasi mulai dari latar belakang calon secara lengkap, data diri calon, tahapan pilkada di daerah, visi misi calon, riwayat pendidikan, riwayat kasus kriminal, jejaring keluarga di pemerintahan, jejak bisnis, aktivitas sosial, prestasi dana kampanye dan lainnya. 

Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai

Perwakilan dari Perludem, Bastian memaparkan alasan Perludem tertarik untuk terlibat dalam inisiasi platform serta gerakan Kawalpilkada.id.

"Kami Perludem tertarik untuk bergabung dalam inisiasi ini karena menurut kami masih banyak masyarakat yang belum begitu mengenal calon pemimpinnya," ujarnya di Kantor Turun Tangan, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis 15 Oktober 2015. 

KPUD DKI Akui Syarat Jalur Independen Sulit

Dalam fitur Kawalpilkada.id, masyarakat nantinya dapat mengakses latar belakang calon mulai dari latar belakang pendidikan hingga biaya kampanye. Pada platform Kawalpilkada.id juga terdapat fitur menarik yaitu fitur untuk melaporkan pelanggaran Pilkada.

"Jika masyarakat menemukan pelanggaran dalam Pilkada, maka dengan fitur tersebut akan tersambung langsung ke web Bawaslu untuk membuat laporan," ujar Herry Dharmawan, Koordinator Bidang Politik Turun Tangan.

Hal menarik lainnya adalah nantinya, platfrom ini akan diluncurkan pada pusat aplikasi Android, Play Store dan iOS yang dapat memberikan informasi bagi masyarakat untuk mengetahui TPS, hanya dengan memasukan nomor induk KTP.

Laporan: Danar Dono

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya