PDIP Buka Rekening Partai, ICW: Harus Dibarengi Transparansi

PDIP menjaring calon Gubernur DKI Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ade Alfath
VIVA.co.id
PDIP Bahas Nama Budi Waseso untuk Pilkada Jakarta
- Koordinator Direktorat Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz, menilai apa yang dilakukan PDI Perjuangan dengan membuka rekening dana partai sebagai hal yang positif. Ke depan, melalui rekening dana partai ini diharapkan meminimalisir terjadinya tindak pidana korupsi oleh kader PDI Perjuangan.

Putra Risma Tak Rela Ibunya Jadi Calon Gubernur Jakarta

"Apa yang dilakukan PDIP dengan membuka rekening dana partai secara gotong-royong melalui konsep
Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma
fund raising itu merupakan hal positif. Langkah maju yang dilakukan PDIP," ujar Donal, Kamis 22 Oktober 2015.


Menurutnya, konsep fund raising secara langsung menunjukkan kesadaran partai politik dalam membangun budaya partai yang baik.


"Akan lebih baik lagi apabila pengelolaan rekening partai itu dibarengi dengan transparansi keuangan ke publik. Dengan begitu siapa saja yang telah mendonasikan dananya ke partai akan ketahuan," ujarnya.


Selama ini, kebanyakan partai termasuk PDIP dalam menjalankan roda organisasi partai dibiayai oleh kader-kader yang duduk di dewan dan mereka yang duduk sebagai pejabat publik. Setiap bulan, gaji mereka dipotong sekian persen dan disetorkan ke partai.


"Kalau PDIP berhasil menghimpun dana yang banyak dari donasi kadernya dan publik umumnya, ini akan mengurangi cost kegiatan partai," kata Donal.


Pembukaan rekening partai diharapkan dapat mengurangi potensi terjadinya tindak pidana korupsi. Sebab kegiatan-kegiatan partai kerap membuat kader-kader partai 'kelimpungan' mencari sumber-sumber pembiayaannya.


"Jangan lagi ada yang misalnya ada pungutan kepada calon kepala daerah, kader di DPR. Transparansiya dibuka ke publik oleh akuntan yang ditunjuk PDIP, sehingga siapa dan berapa jumlah yang didonasikan kelihatan. Harapan kita seperti itu," kata Donal.


PDIP memelopori pembukaan rekening dana partai di Kantor DPP PDI Perjuangan. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan bahwa konsep rekening dana partai didasari konsep Trisakti.


PDIP juga menggandeng akuntan publik ternama yang nantinya secara periodik mengaudit rekening dana gotong-royong tersebut.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya