Mau Jadi Gubernur Sulut, Olly PDIP Mundur dari DPR

Politikus PDIP Olly Dondokambey
Sumber :
  • VIVA/Reza Fajri
VIVA.co.id
PDIP Bahas Nama Budi Waseso untuk Pilkada Jakarta
- Politikus PDIP, Olly Dondokambey, resmi mengundurkan diri sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019. Ketua Fraksi PDIP di DPR itu memilih mundur dari statusnya sebagai Wakil Rakyat setelah mencalonkan diri sebagai calon Gubernur Sulawesi Utara pada Pemilihan Kepala Daerah, yang akan digelar serentak di Tanah Air pada Desember 2015.

Putra Risma Tak Rela Ibunya Jadi Calon Gubernur Jakarta

Olly mengaku sudah mengirimkan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo. Surat pengunduran diri itu sudah direspon Jokowi melalui Surat Keputusan  Presiden tertanggal 21 Oktober 2015.
Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma


"Di surat ini tanggal 21, bahwa saya tidak lagi menjadi anggota DPR RI. Bahwa UU mengatakan kalau anggota DPR dan DPRD yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah harus mengundurkan diri," kata Olly di Restoran Pulau Dua, Jakarta, Rabu 28 Oktober 2015.


Sementara itu, mengenai siapa yang akan menjadi penggantinya sebagai Ketua Fraksi PDIP, Olly mengatakan hal tersebut masih dibahas di DPP. Namun mengenai siapa penggantinya di DPR, ia mengatakan hampir pasti penggantinya adalah peraih suara di bawahnya dalam pemilu legislatif lalu.


"Masih dibahas DPP PDIP dalam rangka pergantian Ketua Fraksi," kata Olly.


Olly menyatakan motivasinya meninggalkan Senayan dan memilih mencalonkan diri sebagai gubernur adalah karena ia merasa terpanggil untuk membangun kampung halamannya.


"Saya kembali. Daerah meminta saya memimpin Sulut. Perjuangan saya di DPR sudah cukup, jadi rakyat meminta saya memimpin Sulut," ungkap politisi yang juga Bendahara Umum PDIP itu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya