Fadli Zon: Ngawur Indonesia Gabung Trans Pacific Partnership

Sumber :
  • REUTERS / Jonathan Ernst

VIVA.co.id - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Fadli Zon, mengkritik niatan Presiden Joko Widodo yang membawa Indonesia bergabung dalam Trans Pacific Partnership (TPP).

Jokowi Berangkat ke Amerika

Kritik Fadli berdasar pada kondisi ekonomi dan perdagangan Indonesia yang belum siap ikut dalam kelompok perdagangan bebas itu.

"Itu rencana ngawur. Itu tidak dipikir dengan matang," tegas Fadli di Bakrie Tower, Jalan Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, Rabu 28 Oktober 2015.

Menurut Fadli, jika itu menjadi kepentingan nasional, pemerintah harus melihat dulu kemampuan ekonomi dan perdagangan Indonesia. "Kalau ekspor kita kuat, boleh kita bergabung di situ," ujarnya.

Politisi Partai Gerindra ini mengingatkan, bila pemerintah tidak siap bergabung dengan TPP, Indonesia justru hanya akan dijadikan pasar oleh negara anggota TPP lainnya. Ini akan mengancam produksi lokal.

"Kalau sudah begitu, akhirnya tidak ada pertahanan lagi. Harusnya, kalau kita lagi lemah kita proteksi. Tapi kalau kita lagi kuat, boleh kita ekspansi," kata Fadli.

Menurut Fadli, jangankan bertarung di Pasifik, menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) saja Indonesia masih harus bekerja keras. "Jangan gagah-gagahan ikut TPPlah. Indonesia belum mampu, apalagi dalam masa sekarang," ujarnya. (asp)

Presiden Obama menyambut Presiden Jokowi dalam KTT AS-ASEAN di California, AS.

Mastel: Tepat, Jokowi ke Silicon Valley Saat Ini

Tahun lalu Jokowi batal ke SIlicon Valley karena ada kabut asap.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2016