Ditanya Data Pengangguran, Risma Tak Bisa Jawab

Risma-Wisnu usai jalani tes kesehatan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ MZ. Abidin

VIVA.co.id - Debat Pilwali Surabaya yang digelar Jumat malam 30 Oktober 2012, tampaknya menjadi panggung dari pasangan calon (Paslon) Rasiyo-Lucy Kurniasari. Sebab, dalam debat itu pasangan Tri Rismaharini-Whisnu Sakti tampak tak bisa menjawab sejumlah pertanyaan yang dilontarkan oleh Rasiyo.

Menang, Risma Tak Hadiri Penetapan Hasil Pilkada Surabaya

Salah satunya seperti pertanyaan terkait data jumlah pengangguran di Surabaya. Saat pertanyaan itu dilontarkan Rasiyo, Risma tampak kebingungan. Pertanyaan itu kemudian dijawab oleh Whisnu.

"Kami ada data pertumbuhan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir," jawab Whisnu.

Sumbangan Tak Masuk Akal untuk Risma Tetap Diusut

Jawaban itu pun langsung disanggah oleh Rasiyo. "Maaf yang saya tanyakan jumlah pengangguran, bukan pertumbuhan ekonomi," ujar Rasiyo.

Meski demikian, kubu Risma juga berusaha melakukan serangan kepada Rasiyo. Kali ini Whisnu menanyakan, mengapa Pemprov Jatim tidak berani menggelontorkan anggaran yang besar untuk sektor pendidikan.

Risma Ditelepon Megawati usai Unggul versi Hitung Cepat

"Ini aneh, di Surabaya saja sampai Rp1,2 triliun. Padahal, Pak Rasiyo juga pernah menjadi Kepala Dinas Pendidikan," kata Whisnu.

Rasiyo kemudian menjawab pertanyaan itu. Menurutnya, kualitas pendidikan tidak selalu berkorelasi dengan jumlah anggaran yang besar.

"Contohnya seperti Surabaya, anggarannya besar tapi peringkat UN-nya berada di posisi 33 di Jatim," ujar Rasiyo.

Suasana para pendukung juga tidak kalah panas. Pendukung kedua kubu tampak saling melakukan provokasi melalui yel-yel.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya