Qodari: PKS dan Gerindra Tidak Mungkin Seperti PAN

Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie dan elite Koalisi Merah Putih (KMP)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Desmond: KMP Sudah Bubar
- Koalisi Merah Putih (KMP) tetap solid meski Partai Amanat Nasional (PAN) memutuskan menjadi pendukung pemerintah. Direktur IndoBarometer, Mohamad Qodari, mengatakan beberapa partai dalam KMP mempunyai loaylitas yang tinggi.

PAN: Tak Ada Lagi KMP dan KIH
"Yang enggak mungkin masuk pemerintah yaitu PKS dan Geridra," kata Qodari di Jakarta, Sabtu 7 November 2015.

Fahri Hamzah Tak Terima KPK Geledah Ruang Anggota DPR
Qodari melihat kedua partai ini sangat solid mendukung KMP. Sikap itu sangat sulit diganggu oleh kepentingan politik saat ini apalagi harus mendeklarasikan menjadi pendukung pemerintah seperti PAN.

"Saya kira kemungkinannya sangat kecil. PKS tidak akan berpindah ke KIH (Koalisi Indonesia Hebat)," ungkap Qodari.

Dalam situasi politik saat ini Qodari, membagi kekuatan KMP kedalam tiga kriteria. "Kalau saya membagi partai-partai di KMP ini ada beberapa gradasi, ada gradasi yang enggak masuk, ada yang mungkin masuk, dan ada yang akan masuk kedalam pemerintahan," ujar Qodari.

Menurutnya, yang sudah jelas dalam pemerintah ialah PAN. Gradasi yang belum tentu masuk partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Kedua partai ini masih disibukkan dengan konflik internal.

Posisi KMP saat ini menurut Qodari, tidak akan ada lagi partai anggota KMP yang menyatakan menjadi pendukung pemerintah selain PAN. Dengan masuknya PAN menjadi pendukung pemerintah kekuatan pemerintah Jokowi-JK sudah cukup kuat saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya