Sudirman Beberkan Isi Pertemuan Anggota DPR dengan Freeport

Menteri ESDM Sudirman Said
Sumber :
  • ANTARAFOTO/ Fanny Octavianus
VIVA.co.id -
Sudirman Said Pamit, Pegawai ESDM Menangis
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, menghadap Majelis Kehormatan Dewan (MKD) DPR. Ada beberapa hal yang disampaikan oleh Sudirman dalam pertemuan itu. Salah satunya adalah pertemuan anggota DPR bersama Freeport.

Sudirman Akui Banyak 'Gesekan' Saat Jadi Menteri ESDM

"Pada pertemuan, saya telah menjelaskan nama, waktu, dan tempat kejadian, dan pokok pembicaraan yang dilakukan oleh oknum salah satu anggota DPR dengan pimpinan Freeport dengan maksud agar MKD bisa menindaklanjuti dengan proses institusional dan konstitusional," kata dia dalam konferensi pers di MKD DPR, Jakarta, Senin, 16 November 2015.
Sudirman Said Cerita Pencapaian Selama Jabat Menteri ESDM


Sudirman mengatakan bahwa ada seorang anggota DPR bersama pengusaha yang beberapa kali bertemu dengan pimpinan Freeport Indonesia. Pada pertemuan ketiga, anggota DPR tersebut bertemu pimpinan Freeport di suatu hotel kawasan Pacific Place, SCBD, Jakarta.


"Anggota DPR itu menjanjikan suatu cara penyelesaian tentang kelanjutkan kontrak Freeport dan meminta agar saham yang disebutnya akan diberikan kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla," kata dia.


Sudirman mengatakan keterangan tersebut diperoleh dari petinggi Freeport. Perusahaan tambang multinasional itu melaporkan kepada eks Direktur Utama PT Pindad (Persero) karena Sudirman selalu meminta Freeport, sejak mulai negosiasi, agar perusahaan itu melaporkan setiap interaksi dengan pemangku kepentingan (stakeholder).


"Hal ini menjaga agar keputusan apa pun diambil secara transparan, mengutamakan kepentingan nasional, dan bebas campur tangan pihak-pihak yang akan mengambil kepentingan pribadi," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya