Rekaman Asli Belum Ada, Sudirman Said Bisa Dituntut Balik

Menteri ESDM lapor ke MKD
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Tim verifikasi Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) tengah melakukan verifikasi terhadap transkrip pembicaraan dugaan pencatutan nama Presiden untuk meminta sejumlah saham PT Freeport.

Namun, tim verifikasi kesulitan untuk membuktikan dugaan tersebut jika rekaman asli yang dimiliki Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said belum juga diserahkan ke MKD.

Menjadi polemik adalah jika dalam masa 14 hari kerja tim verifikasi, rekaman tersebut tidak kunjung diberikan Sudirman Said, maka akan berakibat pada terciptanya kasus hukum baru.

"Yang kami khawatirkan adalah tiba waktunya 14 hari tidak ada bukti itu (rekaman) kami terima, maka ini akan menjadi bagian dari terbitnya masalah hukum baru. Bisa fitnah, bisa pencemaran nama baik," ujar Wakil Ketua Makhkamah Kehormatan Dewan, Junimart Girsang di Gedung DPR RI pada Rabu, 18 November 2015.

Hingga saat ini, Junimart mengatakan bahwa rekaman yang dijanjikan oleh Sudirman belum juga diterima oleh pihaknya. Hal ini tentu menyulitkan tim untuk menguji kebenaran dari dugaan pencatutan nama Presiden oleh Ketua DPR Setya Novanto.

"Sampai tadi saya cek ke sekretariat MKD, rekaman asli belum kami terima. Kami tidak bisa bekerja tanpa rekaman itu. Kami tidak bisa mengkroscek hasil dari bukti percakapan yang Pak Sudirman Said tulis untuk sinkronisasi," jelasnya.

Junimart juga menyatakan bahwa pihaknya tidak akan bersikap proaktif untuk 'menjemput bola' terhadap rekaman itu guna menyelidiki kebenaran dari laporan Sudirman Said.

"Kami tidak bisa proaktif karena mereka pelapor. Tentu mereka juga yang punya kepentingan untuk memberikan bukti-bukti terkait laporannya," ujar Junimart.

Untuk itu, politisi PDI Perjuangan ini mengharapkan agar Kementerian ESDM segera memberikan bukti rekaman asli agar tim verifikasi dapat segera mensingkronisasi antara rakaman dan transkipan yang telah dilaporkan.

"Jadi kita berharap agar dari Kementerian ESDM menyampaikan bukti konkret original tersebut kepada MKD," ujar Junimart. (ase)

Sudirman Akui Banyak 'Gesekan' Saat Jadi Menteri ESDM
Sudirman Said

Sudirman Said Pamit, Pegawai ESDM Menangis

Sudirman akan melakukan Sertijab pada sore ini.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016