KIH Ganti Nama, KMP Ogah Ikut-ikutan

Tantowi Yahya
Sumber :
  • Tantowi Yahya
VIVA.co.id -
VIDEO: PAN Bergabung, KIH Ganti Nama Jadi KP3
Koalisi Indonesia Hebat (KIH) memutuskan mengganti nama mereka menjadi Kerja sama Partai Pendukung Pemerintah (KP3). Langkah itu ditempuh, setelah Partai Amanat Nasional memutuskan bergabung ke pemerintah.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Dalam kiprahnya, KIH memiliki kompetitor yang kuat, yaitu Koalisi Merah Putih (KMP). Persaingan mereka sangat alot sejak Pemilihan Presiden 2014 lalu, bahkan hingga kini.
Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia


Dengan kenyataan bahwa sang rival mengganti namanya, bagaimana reaksi KMP? Apakah mereka tertarik untuk mengikuti pilihan KIH tersebut?


"KMP insya Allah akan tetap seterusnya menggunakan nama tersebut sebagai perekat perjuangan," kata Ketua DPP Partai Golkar, yang juga pernah menjadi juru bicara KMP, Tantowi Yahya kepada
VIVA.co.id,
Rabu 18 November 2015.


Tantowi tidak sepakat dengan kesimpulan dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, yang menganggap eksistensi, atau relasi antara KMP-KIH kini sudah tidak relevan lagi. Sebab, mereka yang bergabung di KMP adalah parpol-parpol yang memilih mendukung dan mengkritisi pemerintah dengan posisi di luar pemerintahan.


"Dengan demikian, KMP masih tetap relevan (dalam konteks
checks and balances
)," ujar tokoh yang juga seorang presenter terkenal tersebut.


Menurut Tantowi, pergantian tersebut bisa ditafsirkan macam-macam. Apakah penting atau tidak penting tergantung si penafsir.


Misalkan saja, bisa ditafsirkan bahwa Presiden Jokowi sekarang tidak mau lagi terisolasi dalam bingkai KIH. Jokowi ingin menciptakan keleluasaan untuk membangun kekuatan pendukung pemerintah, tanpa mempedulikan latar belakang partai.


"Jika Presiden memaknai pergantian nama tersebut untuk kepentingan seperti yang saya maksud, maka perubahan nama tersebut menjadi penting," lanjut Wakil Ketua Komisi I DPR tersebut. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya