Fadli: Sudirman Mau Bertahan di Kabinet dengan Cara Begini

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

VIVA.co.id - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Fadli Zon, mengatakan banyak keanehan dari bukti rekaman yang diserahkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Rekaman yang diklaim berisi percakapan dari Ketua DPR Setya Novanto yang diduga mencatut nama Presiden Joko Widodo terkait permintaan saham di PT Freeport Indonesia itu hanya berdurasi 11 menit dari yang sesungguhnya sepanjang 120 menit.

"Makanya, menurut saya banyak keanehan-keanehan dari apa yang disampaikan ke MKD oleh Saudara Sudirman Said. Ini kan berarti banyak yang dia edit dan mungkin juga diubah," kata Fadli di kompleks parlemen Jakarta, Selasa, 24 November 2015.

Tak cuma itu, menurut Fadli, pertemuan tersebut diinilainya sebagai pertemuan informal saja. Sehingga tidak ada tindak lanjut apapun.

Sudirman Akui Banyak 'Gesekan' Saat Jadi Menteri ESDM

"Kalau pertemuan itu serius pasti ada tindak lanjut. Mana ada pertemuan yang serius, tapi tidak ada tindak lanjutnya? Jadi itu hanya pertemuan omong kosong kayak di warung kopi," kata Fadli.

Hal ini diperkuat dengan data pertemuan yang direkam sejak lima bulan lalu. "Pembicaraan tanggal 8 Juni, sampai hari ini tidak ada kelanjutannya. Kalau benar minta saham pasti gencar ditindaklanjuti," katanya.

Karena itu, politikus Partai Gerindra ini khawatir pengaduan yang dilakukan Sudirman Said dengan semua bukti yang dibawa hanya sebuah rekayasa. Terlebih kemungkinan adanya reshuffle atau perombakan kabinet jilid II.

"Ya mungkin saja dia menginginkan sesuatu. Dia melihat bahwa ada kemungkinan di-reshuffle atau peluang reshuffle. Dia berusaha mau bertahan dengan cara begini, ya bisa saja seperti ini," ujar Fadli. (ase)

Sudirman Said

Sudirman Said Pamit, Pegawai ESDM Menangis

Sudirman akan melakukan Sertijab pada sore ini.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016