Pantau Pilkada, Perwakilan Negara Tetangga Ikut Blusukan

Rapat koordinasi akhir Pilkada Serentak
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memantau langsung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 269 wilayah pada 9 Desember 2015.

Suara 97 Persen Masuk, Willy-Wahyudi Ungguli Hitung Cepat

Komisioner KPU, Arief Budiman mengatakan, pesta demokrasi ini juga mendapat perhatian dari negara lain. Beberapa perwakilan negara tetangga bahkan ikut bersama KPU melakukan pemantauan langsung hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Ada perwakilan sekitar sembilan negara dan kedutaan yang ikut melakukan peninjauan," kata Arif di lokasi pemungutan suara, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu, 9 Desember 2015.

Hasil Hitung Cepat Pilkada Kalteng Bersaing Ketat

Perwakilan negara yang ikut bersama rombongan KPU di antaranya Tunisia, Malaysia, Bangladesh, Thailand, Korea Selatan, Vietnam dan Libya.

"Tujuaannya sharing informasi aja dan pengalaman. Pilkada Indonesia mungkin sangat menarik. Mereka ingin melihat Pemilu sekaligus komparasi," ujarnya menambahkan.

Pilkada Bengkulu, MK Diminta Pertimbangkan Putusan DKPP

Arief menjelaskan, dari pantauan terlihat ada perbedaan minat masyarakat di tiap daerah terhadap Pilkada. Keramaian di TPS menurut Arief dipengaruhi oleh sistem sosial masyarakat di dekat TPS.

"Di pasar atau dekat perkantoran biasanya masih sepi, sama seperti pantai atau kampung nelayan, biasanya mereka melaksanakan hak pilih setelah pekerjaan selesai. Kita lihat di sana (Pasar Serpong) tadi, masih sedikit, di sini (TPS 12) sudah 200 an."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya